OPINI : Valuasi Startup Unicorn dalam Secangkir Kopi

Ujian berupa gejolak ekonomi makro dan dinamika pasar modal membongkar fakta bahwa valuasi startup itu lebih didominasi persepsi dan manipulasi dari investor VC yang sangat agresif. Di tangan VC, valuasi perusahaan startup bagaikan mitos seperti hewan unicorn itu sendiri.

Siswa Rizali

1 Feb 2023 - 08.33
A-
A+
OPINI : Valuasi Startup Unicorn dalam Secangkir Kopi

Siswa Rizali, Anggota Perkumpulan Wakil Manajer Investasi Indonesia

Di tengah berita redupnya bisnis startup di 2022, startup kopi tetap tumbuh pesat. Kopi Kenangan (KopKen) memperoleh pendanaan seri C senilai US$96 juta (sekitar Rp1,3 triliun) pada awal 2022 dengan valuasi perusahaan mencapai US$1 miliar (sekitar Rp14,4 triliun saat itu) atau status unicorn.

Dengan status unicorn, valuasi KopKen lebih dari empat kali lipat dibandingkan valuasi perusahaan Food & Beverage (F&B) ternama Indonesia pemegang merek waralaba Starbuck, yaitu PT MAP Boga Adiperkasa (MAPB). Pada akhir 2021 nilai kapitalisasi pasar MAPB ‘hanya’ Rp3,5 triliun.

Bisnis KopKen yang tumbuh cepat dengan potensi laba usaha yang baik memungkinkan perusahaan segera melakukan IPO (Bisnis Indonesia, 13 Januari 2023).

Berbeda dengan startup transportasi ride hailing, food delivery, dan e-commerce yang diklaim memiliki perbedaan karakter dengan perusahaan konvensional sejenis (transportasi, logistik, dan ritel), perusahaan startup kopi tidak memiliki perbedaan signifikan dengan perusahaan kopi konvensional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

OPINI : Valuasi Startup Unicorn dalam Secangkir Kopi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.