Opsi Emisi Obligasi Hijau Makin Populer di Kalangan Perbankan

Perbankan bergeliat menghimpun dana lewat penerbitan obligasi hijau atau green bond. Hal ini karena pasar obligasi hijau dinilai potensial di Indonesia.

Fahmi Ahmad Burhan & Emanuel Berkah Caesario

4 Sep 2023 - 13.24
A-
A+
Opsi Emisi Obligasi Hijau Makin Populer di Kalangan Perbankan

Pasar surat utang. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah bank papan atas gencar menerbitkan obligasi hijau atau green bond untuk menopang kebutuhan penyaluran kredit hijau, sekaligus mendukunga ekonomi berkelanjutan. Instrumen ini pun dinilai makin seksi di pasar dan menarik minat banyak investor.

Sejumlah bank tercatat sudah cukup gencar menerbitkan green bond. Bank-bank ini pun tampaknya tidak akan segera berhenti menerbitkan instrumen ini, justru berniat terus menambah sumber pendanaan mereka dari instrumen berkelanjutan ini. 

Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), Alexandra Askandar, mengatakan bahwa BMRI berkomitmen terus mengembangkan instrumen pendanaan berkelanjutannya (sustainable funding instruments) pada tahun ini.

Bank Mandiri baru saja menerbitkan green bond senilai Rp5 triliun pada Juni 2023. Penerbitan obligasi hijau pada Juni 2023 itu menjadi bagian dari rencana Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank Mandiri dengan target dana Rp10 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.