Free

Opsi Menekan Harga Tiket ke Balikpapan yang Mahal

Harga tiket pesawat rute Jakarta-Balikpapan dipatok pada kisaran Rp1,36 juta hingga Rp2,05 juta per penumpang sekali jalan.

Ni Luh Anggela

14 Mei 2024 - 15.29
A-
A+
Opsi Menekan Harga Tiket ke Balikpapan yang Mahal

Penumpang sedang mengantre untuk memasukkan bagasi di Bandara Soekarno-Hatta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA – Saat ini terjadi fenomena harga tiket yang melambung ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Untuk mengatasinya, beberapa maskapai berencana menambah penerbangan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa selain mahal, tiket pesawat ke Balikpapan sangat sulit didapat. 

Mengacu pada salah satu aplikasi online travel agent (OTA), harga tiket pesawat rute Jakarta-Balikpapan dipatok pada kisaran Rp1,36 juta hingga Rp2,05 juta per penumpang sekali jalan.

Baca juga: Jejak Persaingan Jepang dan China di Jalur Kereta

“Bukan hanya mahal, tidak ada tiketnya,” kata Sandi saat ditemui Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin (13/5/2024).

Sandi menjelaskan bahwa pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah berupaya untuk menambah jumlah penerbangan. Pihaknya juga mempertimbangkan opsi lain yakni menambah kapal yang akan berlayar ke Balikpapan.

Menurutnya, opsi tersebut harus dihidupkan kembali agar masyarakat dapat dengan mudah mengunjungi Balikpapan dengan harga yang terjangkau. “Opsi ini juga kita harus hidupkan kembali,” ujarnya.

 

 

Sandi sebelumnya memperkirakan harga tiket pesawat mulai turun pada paruh kedua tahun ini alias semester II/2024. Prediksi turunnya harga tiket seiring dengan bertambahnya jumlah maskapai dan penerbangan di Indonesia.

“Kami memprediksi di paruh kedua tahun ini tiket mudah-mudahan bisa lebih terjangkau,” kata Sandiaga dalam konferensi pers, dikutip Selasa (7/5/2024).

Menurut informasi yang diterimanya, Garuda Indonesia sudah menambah kurang lebih delapan pesawat. Penambahan pesawat juga dilakukan oleh sejumlah maskapai seperti AirAsia, Lion Air, Pelita Air, termasuk TransNusa.

Baca juga: Tiket Pesawat ke Balikpapan Mahal, Penerbangan dan Kapal Bakal Ditambah

Meski diprediksi turun, Sandi memastikan bahwa pemerintah akan terus memantau hal tersebut. Dia mengharapkan, polemik mahalnya harga tiket pesawat dapat teratasi dengan penambahan jumlah pesawat.

“PR [pekerjaan rumah] tiket mahal ini terus kita tangani dan mudah-mudahan bisa kita atasi dengan penambahan jumlah pesawat,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.