Optimalisasi Jaringan Telkomsel Hadapi Nataru

Ratusan titik yang dioptimalisasi tersebut mayoritas berada di 321 area spesial seperti mal, alun-alun, hingga pusat keramaian.

Leo Dwi Jatmiko

7 Des 2023 - 19.19
A-
A+
Optimalisasi Jaringan Telkomsel Hadapi Nataru

Petugas sedang melayani pelanggan Telkomsel. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melakukan optimalisasi jaringan di 427 lokasi untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan digital selama Natal 2023 dan tahun baru 2024 atau nataru. 

Ratusan titik yang dioptimalisasi tersebut terdiri dari 27 area residensial, 48 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), 321 area spesial (mal, alun-alun, pusat keramaian), 29 area di rute mudik (jalur mudik, rest area, SPBU), dan 2 gereja/rumah ibadah.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan optimalisasi tersebut dilakukan dengan melakukan peningkatan kapasitas 21 unit BTS 4G/LTE, penambahan 53 unit BTS 4G/LTE baru, dan penambahan 55 unit compact mobile BTS (Combat), sehingga menggenapi lebih 233.000 BTS yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jangkauan hingga 97 persen wilayah populasi. 

Baca juga: Jelajah Sinyal 2023: Digitalisasi Selamatkan Tenun Sekomandi

Untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas GGSN (gateway GPRS support node) hingga 13,21 Tbps dan kapasitas IX (internet experience) hingga 11,08 Tbps.

“Terinspirasi oleh semangat bhinneka tunggal ika, kami terus berupaya menghubungkan setiap sudut negeri, menghadirkan terobosan, dan menyalakan semangat berbagi harapan,” kata lelaki yang akrab disapa Nugie, dikutip Rabu (6/12/2023). 

Nugie memperkirakan selama momen perayaan Natal dan tahun baru 2024 terjadi lonjakan trafik broadband hingga sebesar 13% dibandingkan dengan hari biasa, atau 10,8% dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya. 


BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa


Lonjakan trafik tersebut diperkirakan pada puncaknya akan mencapai 55,2 Petabyte, dan didorong oleh peningkatan akses media sosial sebanyak 15,6%, video streaming sebanyak 9,7%, layanan komunikasi sebanyak 31,9%, online gaming sebanyak 20,6%, hingga e-commerce sebanyak 19,1%.

Guna mendukung kemeriahan nataru, Telkomsel juga menghadirkan ragam produk dan layanan bernilai tambah dengan program dan promo khusus yang dapat diakses oleh pelanggan di berbagai titik layanan. 

Untuk kenyamanan pelanggan, 132 Posko Siaga NARU tersedia di seluruh Indonesia untuk pelayanan pelanggan, penjualan produk dan layanan, hingga hiburan berupa games dan live music

Baca juga: Jelajah Sinyal 2023: Anyaman NTT Tembus Ekspor ke Inggris

Di samping itu, pelanggan juga dapat mengakses layanan pelanggan Telkomsel di Call Center 188 (dan 147, khusus pelanggan IndiHome), aplikasi MyTelkomsel, asisten virtual Veronika di berbagai platform instant messaging, media sosial Telkomsel di Facebook, Instagram, dan X, 507 GraPARI dan 576 ATM MyGraPARI di seluruh Indonesia, serta lebih dari 302.000 mitra outlet Telkomsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.