Free with Login

Optimalisasi Potensi Gas Bumi di Tengah Ancaman Resesi

Kendati Indonesia bisa melewati 2022 tanpa kekurangan pasokan energi dan Dewan Energi Nasional memastikan tingkat ketahanan energi nasional masih berada di posisi yang relatif aman, tidak ada salahnya Indonesia mengantisipasi terjadinya krisis energi dalam 2 tahun mendatang.

Ibeth Nurbaiti

17 Jan 2023 - 20.00
A-
A+
Optimalisasi Potensi Gas Bumi di Tengah Ancaman Resesi

Gambaran suasana di salah satu wilayah kerja migas. Industri hulu migas diyakini masih memiliki peranan dan potensi besar untuk menjaga ketahanan energi nasional meskipun dorongan transisi energi kian masif. Bisnis-Dok.SKK Migas

Bisnis, JAKARTA — Krisis energi dunia yang diakibatkan oleh memanasnya kondisi geopolitik yang disulut oleh perang Rusia-Ukraina semestinya menjadi pelajaran berharga dalam hal ketahanan energi nasional.

Tentu masih lekat di ingatan bagaimana sejumlah negara di Eropa kelimpungan memenuhi pasokan energinya karena dihadapkan pada sejumlah tantangan serius akibat konflik Rusia-Ukraina dan sentimen ekonomi politik global.

Baca juga: Ironi di Negeri Kaya Sumber Energi, Surplus Gas tetapi Impor

Jerman salah satunya. Cuaca dingin dan menipisnya pasokan gas dari Negeri Beruang Merah itu menjadi fakta yang memaksa Jerman harus melakukan penghematan besar-besaran. Hanover di barat laut Jerman pada Rabu (27/7/2022), menjadi kota besar pertama yang mengumumkan langkah-langkah penghematan energi, termasuk mematikan air panas di kamar mandi di gedung-gedung dan pusat rekreasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.