Free with Login

Optimalkan Produksi Migas, Aturan Main CCUS Disiapkan

Untuk mengoptimalkan produksi migas di era transisi, pemerintah pun menyiapkan aturan main terkait dengan implementasi CCS/CCUS tersebut yang diharapkan dapat memberikan ketenangan berusaha bagi pelaku usaha.

Ibeth Nurbaiti

29 Nov 2022 - 12.00
A-
A+
Optimalkan Produksi Migas, Aturan Main CCUS Disiapkan

Salah satu kawasan hulu minyak dan gas bumi. Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat setidaknya ada 128 cekungan yang dimiliki Indonesia, tetapi yang berproduksi baru mencapai 20 cekungan. Ini tentunya menjadi peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan investasi migas Tanah Air. Dok. SKK Migas

Bisnis, JAKARTA — Industri minyak dan gas bumi memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan energi nasional terutama selama masa transisi menuju nol emisi karbon (net zero emission/NZE) pada 2060.

Sejalan dengan itu, industri migas Tanah Air juga dituntut untuk menerapkan dekarbonisasi karena dinilai menjadi salah satu sektor bisnis yang paling banyak menyumbang emisi karbon.

Baca juga: Menjaga Suluh Investasi Migas Tetap Menyala

Berkaca dari data yang disampaikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), emisi gas rumah kaca (GRK) di Indonesia pada 2020 mencapai 1,05 giga ton karbon dioksida (CO2). Dari jumlah itu, sekitar 584 juta ton CO2 atau sekitar 55,62 persen berasal dari sektor energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.