Optimisme Bank Besar Pacu KPR di 2022

Sejumlah bank besar optimistis penyaluran KPR tahun ini bakal makin tinggi seiring dengan tren pemulihan ekonomi yang berlanjut.

Emanuel Berkah Caesario

21 Feb 2022 - 19.46
A-
A+
Optimisme Bank Besar Pacu KPR di 2022

Foto udara komplek perumahan di kawasan Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (11/6/2021). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis, JAKARTA —  Kredit pemilikan rumah atau KPR akan menjadi andalan perbankan dalam memacu penyaluran kredit tahun ini. Survei dari Bank Indonesia pun menunjukkan adanya indikasi peningkatan permintaan KPR tahun ini.

Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI) mengindikasikan perbaikan penjualan properti residensial di pasar primer pada kuartal IV/2021.

Pada kuartal IV/2021, total nilai kredit KPR dan KPA tercatat meningkat sebesar 9,76 persen secara tahunan (year-on-year/ YoY) lebih tinggi dibandingkan 9,39 persen YoY pada kuartal sebelumnya.

Sementara itu, berdasarkan Analisis Uang Beredar (M2) per Desember 2021 yang dirilis BI pada Senin (24/1), penyaluran kredit sektor properti pada Desember 2021 tumbuh 4,8 persen YoY. Angka itu lebih tinggi dibandingkan dengan posisi November 2021 sebesar 4,5 persen YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.