Optimisme Industri Humas 2023

Di tahun politik 2023 ini, industri humas juga akan merasakan multiplier effect dari tahapan pemilu, di antaranya kebutuhan partai politik dan tim sukses kandidat caleg hingga capres akan strategi komunikasi dan kampanye, iklan serta desain untuk meraih suara voters.

Agung Laksamana

30 Des 2022 - 08.00
A-
A+
Optimisme Industri Humas 2023

Agung Laksamana, Ketua Public Affairs Forum Indonesia

Dua hari lagi kita akan membuka lembaran baru tahun 2023. Harus diakui Indonesia berhasil meraih capaian yang luar biasa signifikan selama 2022 ini. Dari suksesnya Presidensi G20 yang diakui dunia, program vaksin Covid-19, hingga konsistensi pertumbuhan ekonomi tahun 2022 yang bisa mencapai 5%—5,3%. 

Bahkan ulasan The Economist November lalu, Why Indonesia matters?, memaparkan secara spesifik mengapa Indonesia saat ini begitu penting dalam kancah global. The Economist menjelaskan alasan utama Indonesia akan menjadi negara besar adalah karena kemampuan kita menemukan cara mengombinasikan demokrasi dan reformasi ekonomi. 

Termasuk berkembang pesatnya digitalisasi yang membantu menciptakan pasar konsumen lebih terintegrasi dengan lebih dari 100 juta orang membelanjakan US$80 miliar setahun untuk segala hal mulai dari pembayaran elektronik hingga aplikasi layanan. 

Baca juga: Negara Ekonomi Terbesar di Dunia 2022 dan Ancaman Global 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.