Optimisme Pasar Saham & Konglomerat Usai Prabowo-Gibran Unggul Quick Count Pilpres 2024

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak ke zona positif pada perdagangan Kamis (15/2/2024), seiring dengan pelaku pasar yang menunggu hasil quick count Pemilu 2024. Sejumlah emiten kongomerat juga diproyeksi mengalami penguatan terdampak sentimen Pemilu 2024.

Annisa Kurniasari Saumi & Hafiyyan

14 Feb 2024 - 18.17
A-
A+
Optimisme Pasar Saham & Konglomerat Usai Prabowo-Gibran Unggul Quick Count Pilpres 2024

Pengunjung beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (5/2/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA—Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak ke zona positif pada perdagangan Kamis (15/2/2024), seiring dengan pelaku pasar yang menunggu hasil quick count Pemilu 2024. Sejumlah emiten kongomerat juga diproyeksi mengalami penguatan terdampak sentimen Pemilu 2024.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan IHSG diprediksi bergerak positif seiring dengan penantian pasar terhadap hasil Pemilu 2024.  “Di tengah masih terasa hiruk pikuk penghitungan hasil Pemilu, saat ini IHSG masih terus melanjutkan pergerakan positif dengan melalui rentang konsolidasi wajar,” paparnya dalam publikasi riset. 

Selain itu, IHSG juga ditopang oleh membaiknya nilai tukar rupiah yang menjadi katalis poitif dan rilis kinerja emiten sepanjang 2023. IHSG besok berpotensi menguat di rentang 7.145-7.307. Head of Institutional Research Sinarmas Sekuritas Isfhan Helmy mengatakan, pergerakan IHSG saat ini akan lebih terpengaruh oleh sentimen Pemilu 2024. 

Jika akan berlangsung 2 putaran maka ketidakpastian akan membuat dana asing keluar dari pasar saham. Adapun, sepanjang 2024 investor asing getol memburu saham-saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Nilai beli bersih (net buy) asing mencapai Rp15,67 triliun sepanjang tahun berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.