Optimisme Perbankan di Bisnis Kartu Kredit Tak Lekas Goyah

Laju pertumbuhan bisnis kartu kredit perbankan cukup mengesankan pada paruh pertama tahun ini. Kalangan perbankan pun optimistis tren yang sama masih akan berlanjut pada sisa tahun ini, seiring dengan kuatnya kondisi ekonomi dan adanya strategi khusus yang telah dipersiapkan tiap bank.

Emanuel Berkah Caesario
Aug 28, 2022 - 9:17 AM
A-
A+
Optimisme Perbankan di Bisnis Kartu Kredit Tak Lekas Goyah

Kartu kredit. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Bisnis kartu kredit perbankan melaju dengan cukup menggembirakan pada paruh pertama tahun ini. Belum ada keraguan terhadap kelanjutan pemulihan ini pada sisa tahun ini, kendati ada ancaman kenaikan suku bunga dan inflasi yang bisa melemahkan daya beli masyarakat.

Bank Indonesia (BI) mencatat nilai transaksi kartu kredit mencapai Rp26,62 triliun per Juni 2022. Nilai transaksi tersebut naik 34 persen secara tahunan (year-on-year/YoY) dari sebelumnya Rp19,81 triliun pada periode yang sama tahun 2021 lalu.

Secara terperinci, nilai transaksi kartu kredit tersebut terbagi menjadi dua komponen, yakni nilai transaksi tunai dan nilai transaksi belanja, yang masing-masing di dalamnya terdapat komponen domestik dan internasional.

Berdasarkan data Statistik Sistem Pembayaran dan Infrastruktur Pasar Keuangan Indonesia (SPIP) yang dirilis BI per Juni 2022, nilai transaksi kartu kredit didominasi oleh komponen nilai transaksi belanja yang mencapai Rp25,96 triliun. Sisanya, yakni Rp657 miliar, merupakan nilai transaksi tunai pada Juni 2022.

Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Optimisme Perbankan di Bisnis Kartu Kredit Tak Lekas Goyah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ