Optimisme Saat Penerimaan Bea Keluar dari Ekspor CPO Menurun

Sejumlah indikator menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia pada 2022 memperlihatkan daya tahannya terhadap kondisi global. Namun, ke depan, pemerintah harus mewaspadai dampak penurunan ekspor komoditas unggulan, salah satunya CPO.

Saeno

22 Feb 2023 - 20.25
A-
A+
Optimisme Saat Penerimaan Bea Keluar dari Ekspor CPO Menurun

Harga komoditas energi seperti gas alam, minyak mentah, serta batu bara dalam tren menurun. Hal yang sama terjadi dengan harga CPO yang menurun seiring berkurangnya permintaan global./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah optimistis pemulihan ekonomi Indonesia akan berjalan dengan baik. Sejumlah indikator menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia pada 2022 memperlihatkan daya tahannya terhadap kondisi global. Namun, ke depan, pemerintah harus mewaspadai dampak penurunan ekspor komoditas unggulan, salah satunya CPO.

Berdasar keterangan resmi Kementerian Keuangan, saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Februari 2023 secara daring, harga komoditas energi seperti gas alam, minyak mentah, serta batu bara dalam tren menurun. Hal yang sama terjadi dengan harga CPO yang menurun seiring berkurangnya permintaan global.

Sebelumnya, batu bara dan CPO tercatat sebagai penyumbang penting dalam daftar pendapatan negara dari sisi ekspor. Dampak termoderasi dan turunnya harga CPO, kinerja penerimaan Bea Keluar pun mengalami penurunan.

Secara keseluruhan hingga akhir Januari 2023, realisasi penerimaan Kepabeanan dan Cukai mengalami penurunan. Penyebabnya, antara lain turunnya penerimaan Bea Keluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Optimisme Saat Penerimaan Bea Keluar dari Ekspor CPO Menurun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.