Optimisme Tambah Kue Bisnis Pembiayaan Kendaraan Listrik

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memproyeksikan penyaluran pembiayaan kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) bakal meningkat, seiring dengan atraktifnya multifinance dalam memperluas penetrasi produk tersebut.

Pernita Hestin Untari

15 Okt 2023 - 18.42
A-
A+
Optimisme Tambah Kue Bisnis Pembiayaan Kendaraan Listrik

Tampilan motor listrik Smoot Elektrik Zuzu yang mendapat subsidi kendaraan listrik dari pemerintah / Smoot.

Bisnis, JAKARTA— Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memproyeksikan penyaluran pembiayaan kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) bakal meningkat, seiring dengan atraktifnya multifinance dalam memperluas penetrasi produk tersebut.

Meskipun, porsi pembiayaan kendaraan listrik terhutung masih kecil, yaitu pada kisaran 0,01% dari total pembiayaan.“Dengan perkembangan kendaraan listrik yang cukup pesat, diproyeksikan tren pembiayaan EV akan terus meningkat,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Agusman dalam jawaban tertulis dikutip Minggu (15/10/2023). 

Agusman mengatakan dari perspektif pelaku industri pembiayaan, ada beberapa hal yang menjadi kendala dan tantangan atas pembiayaan kendaraan. Utamanya ketersediaan stasiun pengisian daya yang masih relatif terbatas, harga jual yang relatif lebih mahal, garansi setelah terjual termasuk baterai, ketersediaan baterai di pasaran, dan harga jual kendaraan listrik bekas yang masih belum ada kepastian. 

Selain itu, lanjutnya, ketersediaan produk asuransi kendaraan listrik juga menjadi perhatian, mengingat untuk melakukan penyesuaian dari sisi risiko.“Saat ini hal tersebut sudah menjadi concern dari AAUI dan pelaku asuransi umum,” kata Agusman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.