ORI022 Segera Meluncur, Intip Peluang dan Risikonya

Daya tarik instrumen SBN ritel seri ORI022 diyakini bakal tetap sangat tinggi, kendati dibayang-bayangi sejumlah sentimen yang ada di pasar saat ini, mulai dari kenaikan suku bunga, pelemahan harga SBN di pasar sekunder, inflasi, dan kehati-hatian investor.

Emanuel Berkah Caesario

23 Sep 2022 - 16.44
A-
A+
ORI022 Segera Meluncur, Intip Peluang dan Risikonya

Obligasi Ritel Indonesia/Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Pekan depan, Senin (26/9), masa penawaran instrumen surat berharga negara (SBN) ritel yang baru, yakni Obligasi Ritel Indonesia 022 atau ORI022 bakal segera dimulai. Pemerintah menawarkan kupon sebesar 5,95 persen per tahun untuk instrumen ini. Bagaimana daya tariknya?

Instrumen ini terbit di tengah tren suku bunga Bank Indonesia yang makin menanjak. Di sisi lain, kupon yang ditawarkan pun menjadi kupon tertinggi di antara seri-seri SBN ritel lainnya yang sudah terbit tahun ini.

Hanya saja, kupon seri ini bersifat tetap atau tidak akan berubah meski suku bunga acuan Bank Indonesia kembali meningkat di masa mendatang. Ini berbeda dibanding seri SBN ritel berbasis tabungan seperti saving bond retail (SBR) atau sukuk tabungan (ST) yang bersifat mengambang.

Instrumen berbasis tabungan tersebut memiliki peluang mengalami kenaikan kupon di masa mendatang dengan besaran yang sama seperti kenaikan suku bunga acuan BI. Namun, instrumen jenis ini tidak dapat ditransaksikan di pasar sekunder, sedangkan ORI justru memiliki keistimewaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

ORI022 Segera Meluncur, Intip Peluang dan Risikonya

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.