Otoritas Lunglai, Pajak Digital Tak Maksimal

Otoritas pajak masih lemah merespons perkembangan ekonomi digital yang kian pesat. Hasilnya, potensi penerimaan terutama pajak dari sektor ini masih belum maksimal.

Tegar Arief Fadly

29 Mei 2024 - 11.17
A-
A+
Otoritas Lunglai, Pajak Digital Tak Maksimal

Ilustrasi perusahaan digital./Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Perkembangan ekonomi digital yang cukup pesat belum mampu direspons maksimal oleh fiskus, baik dari sisi administrasi maupun regulasi. Jika tak segera ditangani, bukan hanya potensi penerimaan yang tak terpungut, pemerintah juga dihadapkan pada penggerusan basis pajak.

Pemerintah sejatinya bukannya tak peka perihal dinamika tersebut. Ketakutan otoritas fiskal dari efek terus berkembangnya ekonomi digital acapkali disuarakan.

Termutakhir, kecemasan itu muncul dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2025, yang menjadi cikal bakal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Pemerintah mencatat, adanya tren peralihan konsumsi berbasis digital yang makin meningkat akan memperbesar eksistensi pelaku ekonomi di negeri ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.