Pabrik Etanol Hadapi Tantangan, Kementerian BUMN Turun Tangan

Pemerintah sempat mewajibkan formulasi 5% etanol pada bensin pada 2020, namun dalam perjalanannya rencana tersebut menghadapi kendala sehingga diturunkan menjadi hanya 2%. Belum menyerah, Kementerian BUMN turun tangan membentuk Sugar Co.

Fatkhul Maskur

11 Okt 2022 - 22.00
A-
A+
Pabrik Etanol Hadapi Tantangan, Kementerian BUMN Turun Tangan

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah sempat mewajibkan formulasi 5% etanol pada bensin pada 2020, namun dalam perjalanannya rencana tersebut menghadapi kendala sehingga diturunkan menjadi hanya 2%. Belum menyerah, Kementerian BUMN turun tangan membentuk Sugar Co.

Bioetanol atau etanol merupakan andalan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak nondiesel, seperti bensin. Riset dan pengembangan produksi etanol telah lama dilakukan oleh banyak negara, terutama sejak krisis BBM pada awal 1970-an.

Di Indonesia, pemerintah mulai mendorong pengembangan bahan bakar nabati (biofuel), termasuk bioetanol, dengan menerbitkan Perpres No.5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional yang menargetkan bauran BBN lebih dari 5% pada 2025.

Bersamaan dengan itu diterbitkan pula Inpres No.1 Tahun 2006 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (Biofuel) sebagai Bahan Bakar Lain. Inpres ini memerintahkan lembaga di tingkat pusat hingga daerah untuk membuat kebijakan dalam rangka mempercepat pemanfaatan BBN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pabrik Etanol Hadapi Tantangan, Kementerian BUMN Turun Tangan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.