Pacu Ekspor Manufaktur, Indonesia Dorong Percepatan FTA dengan EAEU

Indonesia dan Komisi Ekonomi Euroasia bersepakat untuk mendorong percepatan penyelesaian perundingan Indonesia-Eurasian Economic Union Free Trade Agreement (I-EAEU FTA), yang berpotensi memacu ekspor produk manufaktur Indonesia.

Redaksi

10 Jun 2024 - 20.35
A-
A+
Pacu Ekspor Manufaktur, Indonesia Dorong Percepatan FTA dengan EAEU

Pemerintah Indonesia melihat adanya peluang besar bagi sektor manufaktur untuk meningkatkan ekspor ke EAEU. - Foto Kemenko Perekonomian


Bisnis, JAKARTA – Indonesia dan Komisi Ekonomi Euroasia bersepakat untuk mendorong percepatan penyelesaian perundingan Indonesia-Eurasian Economic Union Free Trade Agreement (I-EAEU FTA), yang berpotensi memacu ekspor produk manufaktur Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa perundingan I-EAEU FTA telah memasuki putaran keempat di Armenia pada Maret 2024. Putaran kelima dijadwalkan berlangsung di Indonesia pada Juli 2024.

“Indonesia melihat potensi besar dalam kerja sama ekonomi komprehensif dengan EAEU. Kami yakin FTA ini akan memberikan dampak positif dan saling menguntungkan bagi kedua pihak," ujar Menko seusai bertemu Menteri Perdagangan EEC di Moskow, Rusia, Senin (10/6/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Menko Airlangga juga meminta Rusia membantu mendorong anggota EAEU lainnya untuk bersinergi dalam mempercepat penyelesaian perundingan dan mempromosikan minyak sawit Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.