Pakta Dagang dengan Asia Selatan Hancurkan Industri Jeans Lokal?

Kain denim berbahan baku kapas, sedangkan Pakistan merupakan salah satu penghasil kapas terbesar di dunia dengan volume produksi sekitar 3,5 juta ton per tahun.

Wike D. Herlinda

24 Apr 2022 - 11.30
A-
A+
Pakta Dagang dengan Asia Selatan Hancurkan Industri Jeans Lokal?

Celana denim/Suessewing.co.uk

Bisnis, JAKARTA — Di tengah geliat ekspansi industri tekstil dan produk tekstil atau TPT dii Tanah Air, subsektor kain jeans atau denim tercatat sebagai salah satu yang paling sulit berkembang. 

Ketua Umum Asosiasi Serat, Benang, dan Filament Indonesia (APSyFI) Redma Gita Wirawasta mengatakan penyebab utamanya adalah berlakunya perjanjian dagang preferensial atau preferential trade agreement (PTA) dengan Pakistan sejak 2013.

"Dengan Pakistan ini kita punya PTA. Industri yang terserang itu industri denim. Makanya sekarang denim kita tidak berkembang," kata Redma, akhir pekan.

(BACA JUGA: Darurat Investasi Hulu TPT Sebagai Tameng Impor Benang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pakta Dagang dengan Asia Selatan Hancurkan Industri Jeans Lokal?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.