Palagan Aplikasi Super Bank Jumbo

Kalangan bank jumbo memanaskan persaingan melalui aplikasi super besutan masing-masing.

Fahmi Ahmad Burhan

7 Jul 2024 - 14.38
A-
A+
Palagan Aplikasi Super Bank Jumbo

Persaingan bisnis di kalangan bank besar makin panas melalui kemunculan aplikasi super milik BNI.

Bisnis, JAKARTA— Langkah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) meluncurkan aplikasi super bernama wondr memanaskan palagan di kalangan bank jumbo pada tahun ini.  

Berdasarkan rekap data kinerja keuangan bank besar, BBNI, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) pada kuartal I/2024, semua platform digital andalan bank jumbo mencatatkan pertumbuhan pesat baik dari sisi jumlah pengguna dan nilai transaksinya. 

Sebelum merilis wondr, BNI memiliki pengguna mobile banking sebanyak 16,9 juta per Maret 2024, tumbuh 18,5% secara tahunan (year-on-year/YoY). Lalu, jumlah frekuensi transaksi Mobile Banking BNI pada kuartal I/2024 meningkat 53,9% YoY menjadi 318 juta. Dari segi nilai transaksi, Mobile Banking BNI mencapai Rp347 triliun, tumbuh 35,9% YoY dari sebelumnya Rp255 triliun. Rata-rata harian untuk jumlah transaksi mencapai Rp3,49 juta pada kuartal I/2024, naik 63,1% YoY dari sebelumnya 2,14 juta pada kuartal I/2023.

Kemudian, BCA pada kuartal I/2024 mencatat jumlah pengguna mobile banking sebanyak 30,8 juta, tumbuh 9% YoY dari sebelumnya 28,3 juta. Lalu, volume transaksi digital, yang terdiri dari mobile dan internet banking BCA mencapai 7,2 miliar, tumbuh 24% YoY dari tahun sebelumnya 5,8 miliar. Adapun, total nilai transaksi mobile dan internet banking mencapai Rp6,586 triliun, naik 12% YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.