Pamor Cerah Batu Bara Indonesia di Pusaran Energi Bersih

Sejumlah negara telah menyatakan minatnya sekaligus mengajukan permintaan untuk mengimpor emas hitam itu dari Indonesia. Beberapa di antaranya, seperti Jerman, Polandia, Italia, Spanyol, hingga Belanda bahkan diketahui telah melakukan transaksi dengan pengusaha batu bara Tanah Air.

Ibeth Nurbaiti

12 Jul 2022 - 12.12
A-
A+
Pamor Cerah Batu Bara Indonesia di Pusaran Energi Bersih

Pekerja melintas di dekat kapal tongkang pengangkut batubara di kawasan Dermaga Batu bara Kertapati milik PT Bukit Asam Tbk di Palembang, Sumatra Selatan, Selasa (4/1/2022). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bisnis, JAKARTA — Di tengah dorongan dan kesepakatan negara-negara di dunia untuk segera meninggalkan batu bara sebagai sumber energi serta beralih ke komoditas yang lebih bersih dan ramah lingkungan, pamor batu bara Indonesia justru kian moncer.

Padahal, belum lama ini pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah mengumumkan akan segera merilis peta jalan menuju target net zero emission.

Sejumlah negara telah menyatakan minatnya sekaligus mengajukan permintaan untuk mengimpor emas hitam itu dari Indonesia. Beberapa di antaranya, seperti Jerman, Polandia, Italia, Spanyol, hingga Belanda bahkan diketahui telah melakukan transaksi dengan pengusaha batu bara Tanah Air. Peningkatan permintaan batu bara juga datang dari Malaysia, India, dan Pakistan.

Baca juga: Gemilang Tambang Emas Hitam di Tengah Desakan Industri Hijau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.