Panas Dingin Ekonomi Asia Pasifik

Dana Moneter Internasional (IMF) telah meningkatkan prospek ekonomi kawasan Asia Pasifik pada tahun ini. Namun, gejolak mata uang di kawasan ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena bisa berdampak pada kebijakan moneter yang dapat memengaruhi proyeksi ekonomi yang lebih luas.

Nindya Aldila

30 Apr 2024 - 15.57
A-
A+
Panas Dingin Ekonomi Asia Pasifik

Bisnis, JAKARTA - Proyeksi terbaru Dana Moneter Internasional (IMF) untuk Asia Pasifik lebih percaya diri dengan mengecilkan prospek inflasi. Namun, ancaman gejolak nilai tukar akibat inflasi di Amerika Serikat tidak bisa dihindari. 

Dalam laporan Regional Economic Outlook Asia and Pacific terbaru yang dirilis Selasa (30/4/2024), proyeksi ekonomi Asia Pasifik pada April 2024 mengalami kenaikan 0,3% dibandingkan proyeksi Oktober 2023.  

Permintaan yang mulai meningkat di kawasan ini beruntungnya diimbangi dengan inflasi yang terus melemah. Harga komoditas yang terus turun dan meredanya gangguan rantai pasok setelah pandemi juga ikut berkontribusi terhadap prospek yang lebih cerah di kawasan ini. 

"Pertumbuhan ekonomi Asia Pasifik lebih baik dari yang diproyeksikan sebelumnya, tetapi akan melambat dari 5% pada 2023 menjadi 4,5 persen pada 2024," jelas Direktur Departemen Asia dan Pasifik IMF Krishna Srinivasan dalam Press Briefing, Selasa (30/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.