Free

Pandangan JP Morgan atas Prospek Bisnis Es Krim Unilever Indonesia (UNVR)

Unilever Indonesia membukukan pendapatan Rp38,61 triliun dan laba Rp4,80 triliun pada 2023. Nilai itu mencerminkan penurunan secara tahunan baik dari sisi top line maupun bottom line.

M. Nurhadi Pratomo

12 Apr 2024 - 18.17
A-
A+
Pandangan JP Morgan atas Prospek Bisnis Es Krim Unilever Indonesia (UNVR)

Bisnis, JAKARTA — Perbankan investasi asal Amerika Serikat (AS), J.P. Morgan, memberikan pandangan terhadap prospek bisnis es krim PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) melalui riset terbaru Tim Asean Metals, Indo Auto & Consumer Research J.P. Morgan.

J.P. Morgan mengambil data Euromonitor yang mencatat bisnis es krim UNVR memiliki skala sekitar Rp7,9 triliun atau menyumbang 20% dari total penjualan Unilever Indonesia pada 2023. Lini usaha itu disebut oleh Euromonitor telah kehilangan pangsa pasar dalam beberapa tahun terakhir.

“Kami meyakini kategori ini akan menghadapi kompetisi lebih ke depan sejalan dengan pertumbuhan kue bisnis es krim yang masih baik dan UNVR memimpin pangsa pasar dengan 48% pada 2023,” tulis Tim Analis J.P. Morgan.

Baca juga: Amman Mineral (AMMN) Kucurkan Rp101,26 Miliar Eksplorasi 3 IUPK

Berdasarkan catatan Bisnis, Unilever Indonesia membukukan pendapatan Rp38,61 triliun dan laba Rp4,80 triliun pada 2023. Nilai itu mencerminkan penurunan secara tahunan baik dari sisi top line maupun bottom line. 

Presiden Direktur Unilever Indonesia Benjie Yap menuturkan bahwa upaya memperkuat fundamental bisnis telah menjadi prioritas utama perseroan sepanjang tahun 2023. 

Hasilnya, pada kuartal III/2023, bisnis UNVR meraih kenaikan penjualan domestik sebesar 3,3%. Capaian ini didorong oleh pertumbuhan volume dasar yang positif sebesar 4,3%. 

 

 

Namun, tren positif itu terhenti ketika memasuki bulan November dan Desember 2023. Benjie menyampaikan bahwa dampak pergeseran sentimen yang disebabkan oleh situasi geopolitik mengakibatkan penjualan domestik pada 2023 menjadi -5,2%. 

“Namun, upaya konsisten kami untuk menavigasi krisis ini mulai menunjukkan kemajuan pada Januari 2024. Ke depan, kami tetap berkomitmen untuk fokus pada pertumbuhan jangka panjang dengan secara konsisten melaksanakan lima prioritas strategis kami,” ujarnya.

Baca juga: Wejangan JP Morgan Soal Bisnis Es Krim Unilever Indonesia (UNVR)

Harga saham UNVR parkir di Rp2.680 pada akhir perdagangan Jumat (5/4/2024). Untuk periode berjalan 2024, pergerakan terkoreksi 24,08%.

 

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.