Pandemi Berakhir, Usai Pula Prospek Saham Sektor Kesehatan?

Sektor jasa kesehatan belum kehilangan daya tariknya, kendati pandemi yang menjadi sumber keuntungan besar bagi bisnis sektor ini sudah makin berkurang kontribusinya.

Emanuel Berkah Caesario

8 Agt 2022 - 18.13
A-
A+
Pandemi Berakhir, Usai Pula Prospek Saham Sektor Kesehatan?

Ilustrasi rumah sakit. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Pandemi Covid-19 telah mendongkrak kinerja emiten-emiten sektor kesehatan, terutama rumah sakit. Kini, dengan meredanya pandemi dan berkurangnya risiko rawat inap dari kasus-kasus baru Covid-19, berakhir pula periode keemasan sektor ini. Namun, adakah pendongkrak kinerja lainnya sebagai penggantinya?

Jika menilik data Bursa Efek Indonesia, kinerja indeks sektor kesehatan atau IDX Sector Healthcare hingga akhir pekan pertama Agustus 2022 atau per Jumat (5/8) hanya tercatat meningkat 0,19 persen year-to-date (YtD), jauh di bawah IHSG yang tumbuh 7,65 persen YtD.

Dengan tingkat pertumbuhan tersebut, indeks ini menjadi indeks sektoral terlemah ketiga di pasar, setelah sektor teknologi dan sektor properti & real estate. Kondisi ini berkebalikan dibanding kondisi tahun lalu. Indeks sektor kesehatan tahun 2021 lalu masih tumbuh 8,37 persen YtD.

Terbatasnya laju pertumbuhan sektor ini tentu masuk akal. Pandemi menjadi pendorong utama kinerja keuangan sektor ini sepanjang 2 tahun terakhir. Namun, berakhirnya pandemi tentu bakal secara signifikan memangkas pundi-pundi keuntungan sektor ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pandemi Berakhir, Usai Pula Prospek Saham Sektor Kesehatan?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.