Pandemi Terkendali, Pajak Terakselerasi

Kalangan pelaku usaha mengingatkan penularan virus corona harus terkendali pada akhir tahun mengingat beberapa risiko mengintai fiskal negara.

Tegar Arief Fadly

9 Nov 2021 - 13.07
A-
A+
Pandemi Terkendali, Pajak Terakselerasi

Infografik realisasi APBN 2021 per September/Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Prospek penerimaan pajak pada tahun ini cerah setelah performa setoran hingga September menggembirakan. Namun, pemerintah perlu menyusun strategi yang tepat untuk mengakselerasi penerimaan seiring dengan keputusan menjadikan pajak sebagai sumber utama pembiayaan pada sisa tahun ini.

Otoritas fiskal sebelumnya mengumumkan penghentian penarikan utang baru melalui penerbitan surat berharga negara (SBN) di pasar perdana pada sisa tahun ini. Alhasil, sumber pendanaan APBN hanya berasal dari penerimaan negara yang mayoritas disokong oleh pajak.

Hingga September, realisasi penerimaan pajak cukup prima, yakni mencapai Rp850,06 triliun, tumbuh 13,25% dari periode yang sama pada tahun lalu dan setara dengan 69,13% dari target 2021 yang senilai Rp1.229,58 triliun.

Jika ditelusuri, rasio pajak sepanjang Januari—September 2021 sebesar 6,81%, serta elastisitas penerimaan pajak terhadap pertumbuhan ekonomi atau tax buoyancy mencapai 1,57 atau lebih tinggi ketimbang target pada tahun ini 1,43.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Sri Mas Sari
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.