Bisnis, JAKARTA – Wuling Motors menyiapkan strategi bertumbuh lebih baik pada 2023 setelah pada tahun lalu hanya menorehkan kenaikan penjualan tipis sehingga membuat pangsanya tergerus di tengah pasar otomotif yang bertumbuh kuat.
Berdasarkan data Gaikindo, Wuling Motors sepanjang 2022 menorehkan penjualan ritel sebanyak 24.270 unit, naik tipis 1,5% dibandingkan dengan pengiriman mobilnya ke konsumen pada tahun sebelumnya sebanyak 23.920 unit.
Pada saat yang sama, penjualan mobil secara nasional bertumbuh 17,4% menjadi 1.013.582 unit. Pertumbuhan penjualan Wuling Motors yang jauh di bawah laju pasar mobil nasional membuat pangsa merek China tersebut tergerus 0,4 poin persentase menjadi 2,4%.
Berbeda dengan penjualan ritel, pengiriman dari pabrikan ke jaringan dealer alias wholesale Wuling Motors tercatat bertumbuh signifikan hingga mendekati kecepatan laju wholesale industri secara nasional.