Pantang Mundur Penghiliran Batu Bara Meski Ditinggal Investor AS

Kendati Air Products & Chemical Inc (APCI) mundur sebagai investor potensial dalam proyek gasifikasi batu bara, pemerintah menegaskan bahwa proyek penghiliran batu bara menjadi DME hingga metanol bakal tetap berlanjut sebagai komitmen perpanjangan kontrak perusahaan tambang batu bara di dalam negeri.

Ibeth Nurbaiti
Mar 22, 2023 - 9:13 AM
A-
A+
Pantang Mundur Penghiliran Batu Bara Meski Ditinggal Investor AS

PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) mendapatkan penugasan untuk mengerjakan proyek gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether atau DME yang digarap bersama PT Pertamina (Persero) dan Air Products and Chemicals Inc. Bisnis-Aprianto Cahyo Nugroho

Bisnis, JAKARTA — Kendati ditinggal oleh Air Products & Chemical Inc (APCI) sebagai investor potensial dalam proyek gasifikasi batu bara, pemerintah enggan berputus asa. Misi untuk melakukan penghiliran emas hitam itu terus dipacu, termasuk dengan mencarikan calon mitra pengganti perusahaan gas dan kimia asal Amerika Serikat tersebut.

Sejauh ini, setidaknya sudah ada sekitar 12 calon mitra potensial pengganti Air Products yang sempat menunjukkan ketertarikannya untuk bergabung dalam proyek gasifikasi batu bara menjadi produk gas atau dimethyl ether (DME) yang akan digarap PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) bersama PT Pertamina (Persero).

Baca juga: Jalan Terjal Proyek Gasifikasi Batu Bara

“Pertamina sudah memiliki MoU [nota kesepahaman] dengan 12 pihak yang akan kami jajaki lagi apakah dari mereka yang sudah pernah MoU tersebut masih ada minat atau tidak,” kata Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansury, Senin (20/3/2023). 

Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini