Para Konglomerat Pemilik Supermarket di Tanah Air

Sejumlah konglomerat menjalankan bisnis di bidang ritel dan menjadi pemilik supermarket di Indonesia.

Jaffry Prabu Prakoso

30 Jan 2023 - 18.03
A-
A+
Para Konglomerat Pemilik Supermarket di Tanah Air

Chairul Tanjung, salah satu konglomerat yang memiliki supermarket di Indonesia. /Bisnis-Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA – Sejumlah gerai ritel di Indonesia mengalami pukulan berat selama pandemi Covid-19. Bahkan, beberapa gerai ritel atau supermarket ada harus menutup usahanya karena tidak bisa bangkit kembali.

Beberapa supermarket yang tutup di antaranya adalah Giant dan Carreforur. Selain itu, ada juga beberapa perusahaan ritel yang menutup gerai cabangnya, misalnya Hero.

Meskipun demikian, saat ini masih ada beberapa supermarket yang dimiliki sejumlah konglomerat dan berhasil bertahan dari berbagai tantangan berat selama pandemi.

Salah satu sosok konglomerat pemilik supermarket yang cukup dikenal adalah Chairul Tanjung. Pendiri CT Corp ini merupakan pemilik TransMart yang memiliki jaringan di beberapa wilayah di Indonesia. Transmart sendiri berada di bawah naungan PT Trans Retail Indonesia. 


Warga berbelanja kebutuhan pangan dan rumah tangga di salah satu supermarket di Cimahi, Jawa Barat. Bisnis/Rachman


Selain Chairul Tanjung atau yang akrab disapa CT, sejumlah konglomerat dalam negeri juga terjun di sektor bisnis ritel supermarket. Siapa sajakah mereka? Berikut ini daftar enam konglomerat pemilik supermarket di Indonesia.

 

Chairul Tanjung

CT menjadi sosok penting dibalik gurita bisnis CT Corp yang menaungi Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources. Selain pemilik dari brand retail Transmart, mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) itu juga menguasai Wendy’s di Indonesia dan waralaba lain seperti Versace, Mango, dan Jimmy Choo.

Menurut Forbes Real Time Net Worth, per 29 Januari 2023, kekayaan CT mencapai US$5,2 miliar atau naik 0,17 persen dari sebelumnya. Ini membuatnya berada di peringkat 517 orang terkaya di dunia.

Baca juga: Para Taipan yang Kuasai Pasar Minyak Goreng di Indonesia 

Anthoni Salim

Lebih dikenal sebagai CEO dari Indofood, salah satu pembuat mi instan terbesar di dunia, siapa sangka bos dari Grup Salim ini ternyata merupakan pemilik dari salah satu ritel besar di Indonesia, yaitu Indomaret.

Tercatat hingga Desember 2022, gerai Indomaret telah mencapai 21.251 yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Menurut data Forbes, kekayaan Anthoni Salim per Juli 2022 mencapai US$7,5 miliar. Ini menjadikannya sebagai orang terkaya kelima dalam daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia 2022.

Baca juga: Daftar 10 Pengusaha Minyak Terkaya di Dunia 

Djoko Susanto

Djoko Susanto merupakan pendiri Alfamart yang memiliki lebih dari 19.000 minimarket dan tersebar di seluruh Indonesia juga lebih dari 1.200 toko di Filipina. 

Orang terkaya ke-10 dalam daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia 2022 ini memiliki kekayaan bersih US$4,2 miliar atau turun 1,05 persen dari sebelumnya, menurut Forbes Real Time Net Worth per 29 Januari 2023. Dengan nominal kekayaan yang mencapai US$4,2 miliar, Djoko berada di urutan 677 orang terkaya di dunia.

 

Muhammad Saleh Kurnia

Pria kelahiran Desember 1934 ini merupakan sosok di balik PT Hero Supermarket Tbk. yang didirikan pada 1971, sekaligus menjadi perusahaan ritel modern pertama di Indonesia.

Berawal dari sembilan cabang Hero Supermarket yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, Hero Group kini mengoperasikan empat unit bisnis, yakni Supermarket, Guardian dan IKEA.


Pemilik Grup Lippo James Riady. /Bisnis-Rahmad Fauzan

 


James Riady

James Riady menjadi konglomerat berikutnya yang tercatat sebagai pemilik supermarket terbesar kedua di Indonesia, yakni Hypermart. Tercatat Hypermart telah memiliki sebanyak 111 gerai di Indonesia.

Anak dari Mochtar Riady-pendiri Lippo Group-juga mendirikan beberapa lini bisnis lainnya antara lain Foodmart, Timezone, hingga Matahari. Adapun per Oktober 2022, kekayaan James mencapai US$1,2 miliar.

 

Shin Kyuk-ho

Shin Kyuk-ho merupakan seorang pengusaha Jepang keturunan Korea pendiri Lotte Co., Ltd dengan salah satu lini bisnisnya adalah Lotte Mart. Berdiri sejak 1998, Lotte Mart telah tersebar di sejumlah negara di Asia, seperti Korea Selatan, Jepang, Vietnam, Thailand, Singapura, India, hingga Indonesia.

Saat ini, Lotte Mart Indonesia berada di bawah naungan PT Lotte Shopping Indonesia dengan total 45 gerai supermarket yang tersebar di Indonesia. (Ni Luh Anggela)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.