Para Pengelola Modal Tebal di Reksa Dana

Di tengah penurunan dana kelolaan industri reksa dana, 15 manajer investasi mengelola modal tebal dengan porsi lebih dari 80%.

Tim Redaksi

11 Jul 2024 - 17.33
A-
A+
Para Pengelola Modal Tebal di Reksa Dana

Di tengah penurunan dana kelolaan industri reksa dana, 15 manajer investasi mengelola modal tebal dengan porsi lebih dari 80%.

Bisnis, JAKARTA— Setidaknya 15 manajer investasi mengelola modal tebal pada produk reksa dana. Total dana kelolaan perusahaan tersebut mencapai Rp393,73 triliun atau 80,35% terhadap total industri sebesar Rp490 triliun. 

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diolah Bisnis, manajer investasi tersebut mendominasi industri kendati kinerja industri reksa dana masih loyo. Di sisi lain, posisi 15 perusahaan itu hanya menyisakan Rp96,27 triliun yang diperebutkan oleh 76 perusahaan lainnya. 

Pada urutan dua teratas terdapat Manulife Aset Manajemen Indonesia mengelola reksa dana sebesar Rp45,13 triliun dan Bahana TCW Investment Management sebesar Rp43,98 triliun. Sementara itu, pada urutan berikutnya, manajer investasi memiliki dana kelolaan reksa dana pada rentang Rp30 triliun. Manajer investasi tersebut, yakni BRI Manajemen Investasi yang mengelola reksa dana sebesar Rp31,86 triliun, Batavia Prosperindo Aset Manajemen sebesar Rp31,4 triliun, Trimegah Asset Management sebesar Rp30,41 triliun dan Syailendra Capital sebesar Rp30,04 triliun. 

Pada urutan ke-7 hingga ke-11, manajer investasi memiliki dana kelolaan reksa dana di bawah Rp30 triliun, yakni Sinarmas Asset Management yang mengelola dana Rp27,09 triliun. Kemudian, BNI Asset Management dengan dana kelolaan Rp25,22 triliun; Mandiri Manajemen Investasi sebesar Rp24,6 triliun; BNP Paribas Asset Management dengan dana kelolaan Rp22,57 triliun; dan Sucorinvest Asset Management sebesar Rp21,09 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.