Para Tokoh yang Menghadap Jokowi Jelang Pergantian Gubernur BI

Nama kandidat atau calon Gubernur Bank Indonesia (BI) sudah di tangan Jokowi. Setidaknya ada tiga tokoh terpantau wara-wiri di Istana Merdeka.

Jaffry Prabu Prakoso

21 Feb 2023 - 17.27
A-
A+
Para Tokoh yang Menghadap Jokowi Jelang Pergantian Gubernur BI

Gedung Bank Indonesia. Masa jabatan Gubernur BI Perry Warjiyo akan segera berakhir pada Mei 2023./Bisnis-Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa dirinya sudah mengantongi nama kandidat Gubernur Bank Indonesia (BI). Selanjutnya, akan diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Untuk diketahui, masa jabatan Gubernur BI Perry Warjiyo akan segera berakhir pada Mei 2023. Dalam sebulan terakhir, sejumlah nama telah beredar di publik untuk mengisi kursi jabatan Bank Sentra untuk periode jabatan 2023—2028.

Sejauh ini, terdapat sejumlah nama yang sering terdengar untuk mengisi posisi tersebut. Mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa, dan hingga petahana Perry Warjiyo.


Menkeu Sri Mulyani. /Dok. Humas Setkab-Rahmat.


Adapun, ketiganya merupakan anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), lembaga koordinasi super yang mengelola sistem keuangan Indonesia. 

Di luar tiga nama tersebut, juga muncul nama Wakil Menteri BUMN dan Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Kartika Wirjoatmodjo atau yang akrab disapa Tiko.

Jika benar nama-nama tersebut ada di dalam daftar Jokowi, maka keempat sosok tersebut nantinya akan menjalan uji kelayakan dan kepatutan di DPR. 

Sejumlah nama santer terlihat di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta menjelang habisnya masa jabatan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo yang akan berakhir dalam dua bulan lagi. 

 

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa. /Dok. Youtube Kemenkeu RI


Tokoh yang Wara-Wiri di Istana 

Berdasarkan pantauan Bisnis, sejumlah tokoh terlihat hadir di Istana Kepresidenan dalam beberapa pekan terakhir. Salah satunya, Kartika Wirjoatmodjo yang hadir pada Jumat (17/2/2023) sekitar pukul 14.30 WIB.

Menkeu Sri Mulyani datang ke Istana Merdeka di hari yang sama untuk mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi mengenai Kerangka Ekonomi Makro (KEM) dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) Tahun 2024 pada Senin (20/1/2023). 

Baca juga: Menenangkan Harga Bergejolak Jelang Ramadan dan Idulfitri 2023

Adapun, Gubernur BI Perry Warjiyo terpantau keluar dari Istana Merdeka pada hari yang sama, yaitu sekitar pukul 15.00 WIB. Namun, Bisnis tidak mengetahui apakah Perry mengikuti rapat terkait KEM dan PPKF 2024 atau justru menghadiri bertemu Jokowi di luar agenda tersebut.  

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeklaim bahwa dirinya telah memegang nama-nama calon Gubernur Bank Indonesia (BI) yang nantinya akan diberikan kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada esok hari, Rabu (22/2/2023).


Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. /Bisnis-Arief Hermawan P


"Kami [Pemerintah] akan memutuskan [nama calon Gubernur BI] kalau tak hari ini, maka besok. Namun, nama-nama sudah masuk," katanya kepada wartawan usai melakukan pengecekan Normalisasi Sungai Ciliwung di Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Uji kelayakan dan kepatutan dilakukan karena jabatan Gubernur BI diusulkan dan diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR RI.

Sesuai dengan UU No. 4/2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK), presiden harus mengusulkan nama calon Gubernur BI kepada DPR paling lambat 3 bulan sebelum masa jabatan gubernur berakhir. (Akbar Evandio)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.