Paradise Indonesia (INPP) & Binus Mulai Bangun Mal di Semarang

PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP) atau Paradise Indonesia menggandeng Bina Nusantara mulai membangun proyek pusat perbelanjaan di Kota Semarang bernama mall 23Semarang dengan luas 6 hektare yang ditargetkan selesai pada 2025 mendatang.

Redaksi

24 Okt 2023 - 12.08
A-
A+
Paradise Indonesia (INPP) & Binus Mulai Bangun Mal di Semarang

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, berfoto bersama perwakilan PT Indonesian Paradise Property Tbk dan Bina Nusantara dalam acara Groundbreaking Ceremony 23Semarang pada Senin (23/10/2023)./Bisnis-Muhammad Faisal Nur Ikhsan.

Bisnis, JAKARTA – PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP) atau Paradise Indonesia menggandeng Bina Nusantara mulai membangun proyek pusat perbelanjaan di Kota Semarang bernama mall 23Semarang dengan luas 6 hektare yang ditargetkan selesai pada 2025 mendatang. 

Pembangunan mall 23Semarang tersebut dilakukan oleh PT Swarna Kanaka Parigraha (SKP) yang merupakan perusahaan patungan antara Paradise Indonesia dan Bina Nusantara (Binus). Paradise Properti menanamkan investasi senilai Rp850 miliar untuk pengembangan properti di kawasan Pearl of Java (POJ) City Semarang. 

Presiden Direktur Paradise Indonesia Anthony Prabowo Susilo mengatakan mall 23Semarang merupakan proyek ambisius yang akan mengubah wajah Semarang. Mal ini mengusung konsep ruang terbuka hijau berupa hutan kota yang rindang di tengah mal sebagai area lansekap vegetasi dan kolam ikan untuk menurunkan suhu sekitarnya. Hal ini tercipta secara alami sebuah suasana mal yang teduh dan sejuk walaupun berada di tepi laut.

“Konsep ini akan menjadikan mall 23Semarang sebagai satu-satunya pusat perbelanjaan yang menggabungkan kekuatan elemen arsitektural dengan kondisi alam sekitarnya,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (24/10/2023). 

Posisi geografis yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa membuat suhu rata-rata di Kota Semarang yang cukup panas, menjadi dasar pemikiran untuk mengembangkan konsep mal dengan retail oasis yang menyajikan ruang terbuka hijau dan ruang luar dengan persentase luas yang seimbang dengan ruang komersial sehingga menciptakan harmonisasi.

“Dengan sirkulasi oval yang dinamis, facade bangunan bermotif batik, kolam ikan dan ruang terbuka hijau, supermarket, dua atrium luas untuk acara indoor, mall ini menghadirkan banyak elemen yang menciptakan beragam pengalaman baru berbelanja dengan environment berbeda,” kata Anthony. 

Dengan jejak langkah panjang, Paradise Indonesia berusaha mewujudkan salah satu pencapaian terbaru dengan pembangunan mall 23Semarang ini. Adapun emiten properti berkode INPP ini dikenal sebagai pengembang dengan konsep iconic lifestyle destination yang memiliki 24 bisnis unit dengan segmen bisnis hospitality, komersial, dan property sales, sudah beroperasi selama 21 tahun. 

Dari segmen komersial, Paradise Indonesia telah membangun dan mengelola berbagai mall ternama, seperti beachwalk Shopping Center Bali, 23Paskal Shopping Center Bandung, dan fX Sudirman Shopping Center Jakarta.

Managing Director Bina Nusantara Francis Budiraharja Santoso menuturkan kawasan POJ City Semarang memiliki lahan seluas 20 hektare dimana sebesar 7,2 hektare telah dikembangkan dari sisi pendidikan yakni Binus School Semarang dan Binus University @Semarang. Nantinya di lahan seluas 6 hektare akan dikembangkan entertainment dan lifestyle berupa mall 23Semarang. 

Menurutnya, kerjasama strategis dengan Paradise Indonesia merupakan langkah penting untuk menunjang pengembangan ekosistem yang dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menyongsong era revolusi industri 4.0. 

Hadirnya mall 23Semarang akan melengkapi fasilitas yang dapat menunjang kreatifitas dan inovasi yang merupakan elemen penting bagi pendidikan.

Selain itu, mall 23Semarang diharapkan menjadi destinasi wisata baru yang akan membawa manfaat ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan meningkatkan kualitas hidup warga Semarang. Dengan beragam tenant, fasilitas hiburan modern, dan acara komunitas, 23Semarang akan menjadi destinasi wisata baru yang menarik untuk kota ini.

“Terdapat kesamaan visi misi yakni kreativitas dan inovasi sebagai kekuatan yang dimiliki, dalam pengembangan bisnis masing-masing. Kami juga saling berkomitmen untuk membina dan memberdayakan masyarakat Indonesia untuk lebih maju,” ucapnya. 

Mall 23Semarang akan mengimplementasikan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) yang berkomitmen dalam pembangunan dan operasionalnya dengan meminimalisir dampak lingkungan, mendukung masyarakat lokal, dan mematuhi standar tata kelola perusahaan yang tinggi.

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa desain dan operasi mall mampu meminimalisir konsumsi energi dan sumber daya alam, serta memberi prioritas pada pemberdayaan masyarakat,” tutur Francis. 

Baca Juga: Optimisme Indonesian Paradise Property INPP Pacu Ekspansi Proyek


Dalam kesempatan yang sama, Chief Financial Officer Cornerstone Diana Solaiman menambahkan mall 23Semarang mengusung konsep retail oasis dimana pengalaman berbelanja akan dipadukan dengan budaya masyarakat Semarang.

“Pengunjung dapat merasakan kesegaran pepohonan dan suara gemericik air yang melengkapi outlet-outlet merek nasional dan internasional yang beberapa di antaranya baru pertama kali hadir di Semarang,” ujarnya. 

Dengan kehadiran beragam merek internasional terkemuka dan berbagai fasilitas untuk komunitas kreatif, mall 23Semarang berambisi menjadi tujuan ikonik untuk berbelanja dan gaya hidup yang akan memberikan dampak positif pada kehidupan sosial, ekonomi, dan pariwisata Semarang di masa depan.

Mall 23Semarang didesain khusus untuk memberikan pengalaman berbelanja terbaik bagi masyarakat urban Semarang, dengan fokus pada keluarga, profesional muda, dan para wisatawan yang mencari hiburan dan sarana berbelanja berkualitas.

“Dengan keunikan konsep indoor-outdoor retail, flagship store dari merek terkenal, fasilitas yang ramah bagi keluarga dan pelancong, serta ruang komunitas kreatif yang luas, mall 23Semarang berkomitmen menjadikan kota Semarang sebagai destinasi wisata yang berkembang dengan manfaat ekonomi lokal yang signifikan,” kata Diana. 

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menuturkan Pemerintah Kota mendukung pembangunan mall 23Semarang yang diharapkan bisa berkembang sebagai fasilitas pendukung pertumbuhan ekonomi yang semakin baik di wilayah utara ini yang juga berdekatan dengan bandar udara dan pelabuhan sebagai pusat perekonomian.

“Para pelaku bisnis berkembang bersama Pemerintah harus memiliki visi dan misi yang sama untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia yang unggul melalui kreativitas dan inovasi untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan sosial,” ucapnya. (M Faisal Nur Ikhsan / Yanita Petriella)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.