Paradoks Laporan Pajak; Jumlah WP Naik, Rasio Pembayaran Rendah

Ekonom mengungkapkan tren jumlah wajib pajak (WP) orang pribadi atau badan setiap tahunnya memang meningkat, namun rasio pajak justru rendah.

Jaffry Prabu Prakoso

1 Apr 2023 - 16.19
A-
A+
Paradoks Laporan Pajak; Jumlah WP Naik, Rasio Pembayaran Rendah

Petugas pajak sedang melayani wajib pajak. /Bisnis-Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA – Ekonom mengungkapkan tren jumlah wajib pajak (WP) orang pribadi atau badan setiap tahunnya meningkat, namun patut menjadi pertanyaan terkait rasio pajak yang justru rendah. 

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira melihat potensi rasio pajak yang turun pada tahun ini menuju di bawah 10 persen akibat harga komoditas. 

“Prinsipnya setiap tahun jumlah wajib pajak terus naik, tetapi yang jadi pertanyaan rasio pajak kenapa rendah? Tahun ini bahkan rasio pajak bisa turun di bawah 10 persen,” katanya saat dihubungi pekan ini. 


Tampilan situs djponline.pajak.go.id untuk pelaporan SPT Tahunan.


Bhima menjelaskan bahwa itu bisa terjadi karena adanya moderasi harga komoditas terutama pada komoditas utama, sehingga penerimaan dari pajak ekspor lebih rendah. 

Menurut Bhima, postur pajak juga lebih terpengaruh oleh sektor pertambangan dan industri pengolahan yang terkait barang tambang maupun minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO). 

Sementara itu, tercatat adanya peningkatan jumlah perusahaan yang masuk dalam kategori dikenakan PPh badan (melebihi threshold). Pada 2022 terjadi kenaikan mencapai 16 persen year-on-year (YoY) menjadi 1,92 juta WP badan, dari posisi 1,65 juta WP badan pada 2021. Angka melampaui capaian pada 2019 alias melebihi level prapandemi.

Baca juga: Pelaporan Repatriasi PPS. Ditjen Pajak Beri Napas Lebih Panjang

Meski demikian, tidak dapat dipastikan dengan adanya peningkatan tersebut akan otomatis mendongkrak penerimaan negara dari pajak badan, mengingat adanya moderasi harga komoditas tersebut. 

“Pendapatan total belum tentu akan mengalami kenaikan setinggi 2022 yang berkontribusi terhadap peningkatan rasio pajak,” jelasnya. 

Tercatat rasio pajak terhadap produk domestik bruto (PDB) pada 2022 mencapai 10,41 persen.

11,39 Juta WP Lapor SPT

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyampaikan jumlah WP orang pribadi (OP) dan badan yang telah melaporkan surat pemeritahuan atau SPT Tahunan tahun pajak 2022 telah mencapai 11,39 juta orang. 

“Saya ingin menyampaikan laporan, sampai dengan 31 Maret pukul 09.00 pagi, SPT tahunan yang sudah disampaikan adalah 11,39 juta SPT,” ungkap Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Gedung Juanda I Kementerian Keuangan, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Kans Tinggi Pajak Korporasi

Jumlah ini meningkat sebesar 4,97 persen bila membandingkan dengan tahun sebelumnya atau pada 2022. Sementara rasio kepatuhan pajak, Suahasil melaporkan mencapai 58,61 persen. 

Berdasarkan paparan Suahasil, jumlah SPT yang disampaikan oleh WP OP mencapai 11,07 juta sementara untuk WP Badan sebesar 325.402. 

Penyampaian SPT Tahunan WP Badan meningkat sebesar 11,48 persen, sementara untuk WP OP sendiri mencapai 4,74 persen dari periode yang sama di tahun lalu. 


Adapun, penyampaian SPT paling banyak melalui e-Filing mencapai 9,7 juta, e-form 1,2 juta, e-SPT 5.106, dan secara manual sebanyak 332.465. 

Suahasil menyampaikan rasa terima kasihnya kepada WP OP yang sudah menyampaikan SPT Tahunan 2022. Sementara untuk penyampaian SPT Tahunan Badan masih ada waktu hingga 30 April 2023. (Annasa Rizki Kamalina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.