Paradoks Transisi Energi, Gas Melimpah tetapi Seret Investasi

Kesenjangan Emisi 2022 oleh Program Lingkungan Persatuan Bangsa Bangsa (UNEP) mencatat, total emisi pada tahun 2021 adalah 52,8 GtCO2. Dari jumlah tersebut, emisi yang dihasilkan dari energi fosil termasuk minyak dan gas dilaporkan hampir 72 persen atau 37,9 GtCO2.

Jaffry Prabu Prakoso

24 Nov 2022 - 10.20
A-
A+
Paradoks Transisi Energi, Gas Melimpah tetapi Seret Investasi

Ilustrasi emisi karbon. Industri migas menghadapi tantangan dan bakal ditinggalkan karena dunia semakin bertransformasi menuju transisi energi bersih untuk mengurangi emisi CO2./Istimewa

BADUNG – Indonesia berupaya melakukan transisi energi menggunakan minyak dan gas (migas) demi menuju nol emisi karbon atau net zero emissions pada 2030. Namun, pelaksanaannya tampak sangat paradoks.

Demi mengejar transisi energi, Negara menargetkan dapat memproduksi 1 juta barel per hari (BPH) minyak dan 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) gas pada 2030.

Produksi harus digenjot dari sekarang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa data neraca gas nasional dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat, Indonesia akan kekurangan pasokan gas untuk kebutuhan domestik.

Platform migas lepas pantai. Istimewa/SKK Migas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
company-logo

Lanjutkan Membaca

Paradoks Transisi Energi, Gas Melimpah tetapi Seret Investasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.