Pasang Surut Neraca Pembayaran Indonesia, Bersiap Jalani 2023

Kuartal I/2022, Neraca Pembayaran Indonesia atau NPI mengalami defisit. Kuartal III/ 2022 NPI mencatatkan surplus, namun di kuartal III kembali mengalami defisit. NPI di kuartal IV akan menentukan bagaimana kondisi NPI secara keseluruhan tahun 2022.

Saeno

19 Nov 2022 - 22.53
A-
A+
Pasang Surut Neraca Pembayaran Indonesia, Bersiap Jalani 2023

Ilustrasi - Pelabuhan Tanjung Tapa yang digunakan untuk ekspor bubur kertas dan tisu milik PT OKI Pulp & Paper./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Setelah mencetak surplus pada neraca pembayaran 2021, ekonomi Indonesia dihadapkan pada fluktuasi neraca pembayaran di 2022. Kuartal I/2022, Neraca Pembayaran Indonesia atau NPI mengalami defisit. 

Kuartal III/ 2022 NPI mencatatkan surplus, namun di kuartal III kembali mengalami defisit. NPI di kuartal IV akan menentukan bagaimana kondisi NPI secara keseluruhan tahun 2022.

Pada kuartal III/2022 NPI mengalami “longsor” akibat derasnya keluar dana asing dari pasar keuangan Indonesia. Kondisi itu membuat neraca pembayaran Indonesia berbalik defisit dibandingkan kuartal II/2022.

Dalam catatan Bank Indonesia NPI pada kuartal III/2022 mengalami defisit hingga US$1,3 miliar, berbanding terbalik dengan kuartal sebelumnya yang surplus US$2,4 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pasang Surut Neraca Pembayaran Indonesia, Bersiap Jalani 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.