Pasar Kakao Genting, Pabrik Cokelat Indonesia (Tak) Adem Ayem

Kakao mengalami akselerasi kenaikan harga sejak awal 2024, seiring dengan panen yang buruk di sentra perkebunan di Afrika Barat. Sementara, industri pengolahan di Indonesia masih sangat bergantung pada pasokan impor bahan baku cokelat itu.

Fatkhul Maskur

2 Apr 2024 - 12.07
A-
A+
Pasar Kakao Genting, Pabrik Cokelat Indonesia (Tak) Adem Ayem

Buruh memperlihatkan perbandingan kualitas biji kakao yang buruk dan baik di perkebunan kakao Pasir Ucing, Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (1/2/2021). Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA – Kakao mengalami akselerasi kenaikan harga sejak awal 2024, seiring dengan panen yang buruk di sentra perkebunan di Afrika Barat. Sementara, industri pengolahan di Indonesia masih sangat bergantung pada pasokan impor bahan baku cokelat itu.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, industri pengolahan kakao skala menengah di Indonesia pada awal 2023 tercatat mencakup 11 pabrikan dengan kapasitas giling mencapai 730.250 ton per tahun.

Selain itu, terdapat 900 industri pengolahan cokelat berkapasitas 462.126 ton per tahun, dan 31 artisan cokelat alias bean to bar dengan kapasitas 1.242 ton per tahun.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika mengatakan lonjakan harga bahan baku cokelat di pasar internasional dipastikan akan berdampak pada industri di dalam negeri, meski saat ini belum dirasakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pasar Kakao Genting, Pabrik Cokelat Indonesia (Tak) Adem Ayem

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.