Pasar Obligasi Negara Kekurangan Tenaga

Kondisi pengetatan moneter yang dilakukan oleh bank-bank sentral global menjadikan pasar surat berharga negara (SBN) makin tertekan. Sementara itu, investor utama SBN selama ini, yakni bank dan investor asing, mulai mengurangi kepemilikannya di SBN.

Emanuel Berkah Caesario

24 Okt 2022 - 16.59
A-
A+
Pasar Obligasi Negara Kekurangan Tenaga

ilustrasi obligasi

Bisnis, JAKARTA — Kondisi pasar yang makin volatil serta langkah bank-bank sentral global yang memperketat kebijakan moneternya, menjadikan pasar surat berharga negara (SBN) makin tertekan. Di sisi lain, perbankan sebagai investor utama SBN kini cenderung mengurangi kepemilikannya di SBN.

Berdasarkan data World Government Bond, yield Surat Utang Negara (SUN) tenor 10 tahun hingga Senin(24/10) pukul 16.00 WIB ada di level 7,654 persen, kembali naik 38 basis points (bps) dibanding pekan lalu. Ini adalah level rekor baru untuk yield SUN seri acuan ini.

Seperti diketahui, naiknya yield berarti terjadi penurunan harga di pasar. Kenaikan yield sendiri mencerminkan turunnya ekspektasi investor terhadap potensi kinerja pasar SBN, yang mencakup SUN dan sukuk negara, dalam jangka pendek hingga menengah.

Bagi pemerintah, kenaikan yield berarti meningkatnya biaya dana atau cost of fund negara dalam melakukan lelang SBN rutin tiap pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.