Pasar Rumah Tipe Kecil Masih Gemuk dan Diburu oleh End User

Rumah dengan harga Rp300 juta hingga Rp500 juta diproyeksikan akan mengalami sedikit koreksi pasar meski tetap bertumbuh. Pasalnya tekanan harga bahan pokok yang naik dan juga rencana kenaikan BI rate turut berdampak pada penurunan daya beli dan terjadinya pergeseran atau turun kelas konsumen.

Yanita Petriella

29 Jun 2022 - 11.17
A-
A+
Pasar Rumah Tipe Kecil Masih Gemuk dan Diburu oleh End User

ilustrasi rumah

Bisnis, JAKARTA – Bagi konsumen yang tak bisa membeli rumah subsidi, rumah dengan harga Rp300 juta hingga Rp500 juta menjadi incaran. Rumah harga Rp300 juta hingga Rp500 juta merupakan pasar rumah yang gemuk. Pada kuartal IV tahun lalu, rumah di segmen ini banyak dicari oleh konsumen end user

Namun, di sepanjang tahun ini, naiknya harga bahan pokok dan berujung inflasi berdampak pada pembelian rumah tapak harga Rp300 juta hingga Rp500 juta. Daya beli masyarakat yang menurun, ditambah lagi pengutamaan pada kebutuhan pokok sehari-hari berimbas pada terkoreksinya pasar hunian segmen ini. 

Berdasarkan data Indonesia Property Watch (IPW), pada kuartal I tahun 2022, terjadi penurunan pasar properti rumah tapak harga Rp300 juta hingga Rp500 juta sebesar -18,5 persen. CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan memang saat ini harga rumah Rp300 juta hingga Rp500 juta tengah terdampak daya beli masyarakat.

Ke depan, rencana kenaikan suku bunga Bank Indonesia atau BI rate turut serta mengancam pasar rumah harga Rp300 juta hingga Rp500 juta yang akan semakin menurun. Kendati demikian, dia memproyeksikan apabila terjadi kenaikan BI Rate maka akan pergerseran konsumen segmen rumah, dimana segmen harga Rp500 juta- Rp750 juta beralih ke rumah harga Rp300 juta hingga Rp500 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pasar Rumah Tipe Kecil Masih Gemuk dan Diburu oleh End User

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.