Pasar Sukuk Bakal Makin Diminati Seiring Pulihnya Ekonomi

Korporasi juga diproyeksi bakal semakin sering emisi sukuk seiring naiknya minat investor terhadap instrumen dan industri keuangan syariah.

Lorenzo Anugrah Mahardhika

16 Nov 2021 - 18.38
A-
A+
Pasar Sukuk Bakal Makin Diminati Seiring Pulihnya Ekonomi

Ilustrasi sukuk - Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Pasar sukuk global diproyeksi semakin meriah dalam lima tahun mendatang. Itu karena adanya kebutuhan pembiayaan pemerintah yang cukup besar untuk memulihkan ekonomi dan memperkecil defisit fiskal. 

Selain itu, sukuk global bisa menjadi alternatif bagi perusahaan yang ingin memperkuat posisi keuangannya di tengah pandemi Covid-19. Maka tak heran jika, penerbitan sukuk global pada lima tahun mendatang diproyeksi tumbuh hingga 10,8 persen menjadi US$ 1,17 triliun.

Sementara itu, penerbitan sukuk global diprediksi menyentuh US$180 miliar pada akhir tahun ini. Hingga akhir September 2021, lembaga penyedia data dan infrastruktur pasar keuangan, Refinitiv, melaporkan penebritan sukuk global telah mencapai US$ 147 miliar.

Berdasarkan laporan yang dikutip pada Selasa (16/11/2021), Refinitiv menyebut Indonesia menempati urutan ketiga dari lima negara dengan total penerbitan US$22 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Febrina Ratna Iskana
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.