Payung Pelindung Keberlanjutan Proyek Pembangunan IKN

Ibarat anak kesayangan, proyek IKN dibesarkan dengan privilege dan proteksi dari pemerintah. Hal itu misalnya tampak dari masuknya pembangunan IKN dalam daftar proyek strategis nasional. Sementara itu, jaminan keberlanjutan proyek ditopang dengan aturan khusus soal penyusunan anggaran.

Saeno

27 Feb 2023 - 19.03
A-
A+
Payung Pelindung Keberlanjutan Proyek Pembangunan IKN

Pemerintah menjaga proyek IKN dari sejak gagasan pertama diluncurkan hingga membuat politik anggaran agar proyek ini terus berjalan dan tidak menjadi proyek mangkrak nasional./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Pembangunan Ibu Kota Nusantara diwarnai sejumlah perlakuan istimewa. Ibarat anak kesayangan, proyek IKN dibesarkan dengan privilege dan proteksi dari pemerintah. Hal itu misalnya tampak dari masuknya pembangunan IKN dalam daftar proyek strategis nasional. Sementara itu, jaminan keberlanjutan proyek ditopang dengan aturan khusus soal penyusunan anggaran.

Sejak mula, proyek pembangunan IKN mendapat pengawalan pemerintah misalnya melalui Peraturan Pemerintah. Nomor 17 Tahun 2022. PP ini diterbitkan sebagai payung hukum bagi pendanaan dan pengelolaan anggaran dalam rangka persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara serta penyelenggaraan pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara.

Peraturan Pemerintah. Nomor 17 Tahun 2022 mengatur mulai sumber pendanaan, skema kerja sama pembiayaan, penerbitan obligasi, penarikan pajak dan pungutan di IKN, hingga tata kelola, pengawasan, dan evaluasi pendanaan.

Tentang sumber dan skema pendanaan misalnya, Bab II Pasal 3 Peraturan Pemerintah. Nomor 17 Tahun 2022 antara lain menyebutkan bahwa pendanaan untuk persiapan Ibu Kota Negara serta Pemerintahan Ibu Kota Nusantara bersumber dari APBN; dan/atau sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Payung Pelindung Keberlanjutan Proyek Pembangunan IKN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.