PDB AS Menyusut Lagi, Mungkinkah Presiden AS Joe Biden Mundur?

Dalam tiga tiga bulan terakhir, atau kuartal kedua, ekonomi AS menyusut 0,9 persen. Kubu Pemerintahan Biden, yang akan menghadapi pemilu sela pada November mendatang, bersikukuh AS belum masuk dalam kategori resesi.

Saeno
Jul 29, 2022 - 8:14 AM
A-
A+
PDB AS Menyusut Lagi, Mungkinkah Presiden AS Joe Biden Mundur?

Menjelang Pemilu Sela pada November 2022 Presiden Biden dan Partai Demokrat harus menghadapi kondisi ekonomi AS yang secarfa teknis masuk dalam kategori resesi./whitehouse.gov

Bisnis, JAKARTA – Amerika Serikat kembali mengalami penyusutan pertumbuhan menyusul data terbaru yang dirilis Biro Riset Ekonomi Nasioan AS. Dalam tiga tiga bulan terakhir, atau kuartal kedua, ekonomi AS menyusut 0,9 persen. Kubu Pemerintahan Biden, yang akan menghadapi pemilu sela pada November mendatang, bersikukuh AS belum masuk dalam kategori resesi.

Selama ini ada pendapat bahwa negara yang mengalami kontraksi perekonomian dalam dua kuartal berturut-turut digolongkan (secara teknis) sudah mengalami resesi. Namun, istilah teknis tersebut bukanlah lah istilah resmi di AS. 

Sebelumnya, pada Januari-Maret atau kuartal pertama 2022 ekonomi AS tercatat menyusut 1,6 persen.  Kondisi itu mendorong perdebatan apakan AS sudah bisa dikatakan mengalami resesi atau tidak. 

Di AS, yang merupakan negara dengan ekonomi terbesar di dunia, ada organisasi nirlaba, non-partisan, Biro Riset Ekonomi Nasional (National Bureau of Economic Research/NBER) yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi dalam  menentukan apakah AS berada dalam resesi atau sebaliknya. 

Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

PDB AS Menyusut Lagi, Mungkinkah Presiden AS Joe Biden Mundur?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ