Pedal Gas Pasar Otomotif Kurang Pas

Kinerja otomotif di awal tahun memberi sinyal kurang baik, khususnya terhadap prospek industri manufaktur. Berbagai sentimen negatif menjadi pemicu.

Redaksi

18 Mar 2024 - 09.35
A-
A+
Pedal Gas Pasar Otomotif Kurang Pas

Bisnis, JAKARTA – Penjualan otomotif yang jeblok di awal tahun ini memberi pertanda kurang baik terhadap prospek industri manufaktur dalam negeri dan daya serap kredit di industri jasa keuangan.

Tidak hanya faktor tahun politik seperti Pemilu 2024 dan Pilkada pada November mendatang, lemahnya penjualan ditengarai sebagai respons negatif atas berbagai rencana pemerintah menyesuaikan kebijakan perpajakan, seperti pajak pertambahan nilai dan pajak untuk bahan bakar minyak (BBM).

Pelaku industri otomotif sangat berambisi untuk melawan ‘kutukan’ penjualan mobil yang hanya berputar di angka 1 juta unit per tahun. Mereka ingin lebih tinggi lagi untuk bisa bersaing dengan industri otomotif di kawasan Asia Tenggara lainnya.

Situasi yang sama dihadapi industri sepeda motor. Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala menyatakan sejumlah sentimen menekan penjualan roda dua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pedal Gas Pasar Otomotif Kurang Pas

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.