Pedang Bermata Dua Lonjakan Harga Batu Bara, Saatnya Waspada!

Pemerintah perlu meningkatkan pengawasan ekstra untuk pasokan batu bara di dalam negeri atau DMO di tengah terkereknya harga komoditas dunia termasuk batu bara. Pasalnya, kelalaian eksekutif dan lembaga pengawas lainnya, akan memicu krisis pasokan batu bara pembangkit listrik kembali terulang.

Ibeth Nurbaiti

6 Mar 2022 - 20.30
A-
A+
Pedang Bermata Dua Lonjakan Harga Batu Bara, Saatnya Waspada!

Pekerja mengoperasikan alat berat saat bongkar muat batu bara ke dalam truk di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Priok, Kamis (3/2/2022). Pemerintah resmi membuka kembali keran ekspor batu bara per 1 Februari 2022, namun hanya diberikan untuk perusahaan yang telah memenuhi kewajiban persentase penjualan untuk kebutuhan dalam negeri atau domestic market obligation (DMO) dan telah menyampaikan surat pernyataan bersedia membayar denda atau dana kompensasi atas kekurangan DMO pada 2021. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis, JAKARTA — Lonjakan harga batu bara di pasar global yang terus melesat bak roller coaster setelah sempat anjlok pascadibukanya kembali ekspor emas hitam itu dari Indonesia, semestinya menjadi alarm bagi pemerintah untuk lebih berhati-hati menyikapinya.

Di satu sisi, penguatan harga batu bara dunia yang kini sudah menyentuh level US$418,75 per metrik ton pada perdagangan Sabtu (5/3/2022) di Bursa ICE Newcastle berpotensi menciptakan efek tular yang cukup positif bagi industri pertambangan di dalam negeri karena akan memicu peningkatan produksi emas hitam itu. 

Di sisi lain, lonjakan harga batu bara yang sangat tidak biasa ini dapat mengancam keamanan pasokan dalam negeri atau domestic market obligation (DMO), mengingat disparitas harganya kian tinggi.

Baca juga: Menguji Nyali Pemerintah Naikkan Tarif Listrik di Tahun Politik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pedang Bermata Dua Lonjakan Harga Batu Bara, Saatnya Waspada!

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.