Pekerjaan Besar Pemerintah Saat Larangan Ekspor CPO Dimulai

Pemerintah masih berhitung dampak kebijakan dari larangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng pada 28 April mendatang. Seberapa siap pemerintah menghadapi gejolak ini?

Rayful Mudassir

25 Apr 2022 - 15.39
A-
A+
Pekerjaan Besar Pemerintah Saat Larangan Ekspor CPO Dimulai

Bisnis, JAKARTA - Larangan ekspor komoditas crude palm oil (CPO) dan turunannya berpotensi menghadapi sejumlah tantangan saat kebijakan ini efektif pada 28 April 2022. Antisipasi perlu diperhatikan pemerintah demi menghindari dampak di luar rencana. 

Setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan larangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng pada pekan lalu, sejumlah kalangan pesimistis strategi ini akan berjalan mulus. Sebab, Kebijakan serupa pernah diterapkan pada saat krisis pasokan batu bara Januari lalu. 

Saat itu, pemerintah berencana untuk menghentikan ekspor selama 30 hari. Namun dalam perjalanannya, aturan ini mengendur pada pertengahanan bulan akibat sejumlah alasan. Pelonggaran ini dilakukan seiring dengan pemenuhan domestic market obligation (DMO) yang telah dipenuhi sejumlah perusahaan. 

Kali ini, pemerintah menghentikan larangan ekspor CPO dan turunannya dengan harapan pasokan di lapangan melimpah. Seiring dengan kondisi itu akan menekan harga saat ini hingga lebih terjangkau di masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pekerjaan Besar Pemerintah Saat Larangan Ekspor CPO Dimulai

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.