Pekerjaan Rumah Usai MIND ID Resmi Jadi Pengendali INCO

Beralihnya pengendalian saham PT Vale Indonesia Tbk. dari tangan asing ke MIND ID menjadikan upaya perwujudan visi hilirisasi mineral kritis pemerintah akan lebih mulus.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

26 Feb 2024 - 19.01
A-
A+
Pekerjaan Rumah Usai MIND ID Resmi Jadi Pengendali INCO

Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd menandatangani perjanjian definitif dengan MIND ID mengenai kewajiban pelepasan saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah Indonesia melalui holding BUMN tambang MIND ID resmi pengambilalihan 14% saham PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) dari Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. Usai langkah bersejarah ini, sejumlah PR menanti pemerintah, MIND ID, dan INCO.

Penandatanganan perjanjian transaksi definitif akuisisi tersebut telah dilakukan pada Senin (26/2/2024) sore dengan nilai Rp3.050 per saham. Total investasi yang digelontorkan MIND ID mencapai US$300 juta. Transaksi ditargetkan lunas pada Juni 2024 nanti.

Nilai transaksi divestasi ini jauh di bawah harga pasar terkini saham INCO. Hari ini, merespons kabar transaksi tersebut, saham INCO anjlok 3,04% ke level Rp3.830. Saham INCO sebelumnya sempat bertengger di level Rp4.420 pada awal tahun ini, tetapi makin turun seiring dekatnya transaksi divestasi.

Usai transaksi ini, pemerintah memiliki kendali yang lebih besar terhadap INCO. Namun, sejumlah tantangan masih mengadang kepengendalian ini. Di sisi lain, pemerintah pun bersiap untuk menggeber pemulusan jalan bagi bisnis INCO untuk dapat segera melaju kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.