Pelaporan SPT Meningkat, Kepatuhan WP Jangan Lagi Dilukai

Pelaporan SPT Tahunan pada 2023 tidak mengalami penurunan dibandingkan 2022. Di sisi lain, survei yang menunjukkan kepatuhan dan kepuasaan pengguna layanan pajak menjadi tantangan yang harus terus dipenuhi, bukan dikhianati.

Saeno

31 Mar 2023 - 17.47
A-
A+
Pelaporan SPT  Meningkat, Kepatuhan  WP Jangan Lagi Dilukai

Bisnis, JAKARTA – Meski diguncang kasus pejabat pajak dan sempat muncul ancaman boikot pajak, pelaporan SPT Tahunan tidak mengalami penurunan. Di sisi lain, survei yang menunjukkan kepatuhan dan kepuasaan pengguna layanan pajak menjadi tantangan yang harus terus dipenuhi, bukan dikhianati. Tingkat kepatuhan wajib pajak untuk melapor tecermin dari jumlah SPT yang telah diserahkan hingga akhir masa pelaporan SPT 2022 yang berakhir Maret 2023. 

Berdasar data Kementerian Keuangan, hingga Jumat (31/3/2023) pukul 09.00 WIB jumlah wajib pajak (WP) orang pribadi (OP) dan badan yang telah melaporkan surat pemeritahuan atau SPT Tahunan tahun pajak 2022 mencapai 11,39 juta orang.  

Jumlah tersebut meningkat sebesar 4,97 persen bila membandingkan dengan tahun sebelumnya atau pada 2022. Sementara rasio kepatuhan pajak mencapai 58,61 persen.  

Secara terperinci, menurut Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, jumlah SPT yang disampaikan WP OP mencapai 11,07 juta, sedangkan WP Badan sebanyak 325.402.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pelaporan SPT Meningkat, Kepatuhan WP Jangan Lagi Dilukai

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.