Pelemahan Yen Desak BOJ Bertindak

Mata uang yen Jepang melemah sekaligus menembus level psikologis 160 per dolar AS per Senin (29/4/2024). Yen telah anjlok sekitar 8 yen per dolar selama sebulan terakhir.

Nindya Aldila

29 Apr 2024 - 15.17
A-
A+
Pelemahan Yen Desak BOJ Bertindak

Bisnis, JAKARTA - Bank of Japan (BOJ) didesak untuk bertindak setelah mata uang yen jatuh ke level terendah sejak 1990. Hal ini juga menjadi bukti baru bahwa penguatan dolar AS dan penundaan pelonggaran Federal Reserve (The Fed) telah mengganggu keuangan negara lain. 

Mata uang yen Jepang melemah sekaligus menembus level psikologis 160 per dolar AS per Senin (29/4/2024). Nilai tukar yen terpantau melemah 1,2% ke level 160,17 per dolar AS. Penurunan ini merupakan tanda bahwa para investor cenderung bersikap bearish menjelang pertemuan Federal Reserve pekan ini.

Analis senior Malayan Banking Bhd Fiona Lim mengatakan bahwa yen diperkirakan semakin melemah jika tidak ada intervensi dari Bank of Japan, terutama The Fed cenderung memberi sinyal untuk menahan suku bunga lagi.

"Momentum sudah pasti ada untuk dolar-yen untuk bergerak secara pasti di atas 160 dan pasar sedang menguji toleransi Jepang terhadap penurunan yen yang tajam," ungkap Lim seperti dikutip Bisnis.com yang melansir Bloomberg pada Senin (29/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.