Free

Pelni Bidik Ekspansi Angkutan Barang dan Pelayaran Luar Negeri

Sejak puluhan tahun lalu perseroan dikenal sebagai angkutan penumpang, kendati sudah lama juga melayani angkutan barang. Namun ke depan, Pelni akan mengoptimalkan perannya sebagai national flag carrier

Jaffry Prabu Prakoso

8 Nov 2022 - 20.29
A-
A+
Pelni Bidik Ekspansi Angkutan Barang dan Pelayaran Luar Negeri

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni (Persero) Yossianis Marciano (kanan) dan Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera atau Krakatau International Port (KIP) M. Akbar Djohan mengikuti diskusi saat acara Bisnis Indonesia Logistics Awards 2022 dan Forum Logistik 2022 di Jakarta, Selasa (8/11/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menargetkan ekspansi ke bisnis angkutan barang dan pelayaran luar negeri. Mereka ingin menyasar segmen lain yang dinilai punya peluang.

Direktur Usaha dan Angkutan Barang dan Tol Laut Pelni Yossianis Marciano mengatakan bahwa sejak puluhan tahun lalu perseroan dikenal sebagai angkutan penumpang, kendati sudah lama juga melayani angkutan barang. 

Namun ke depan, Pelni akan mengoptimalkan perannya sebagai national flag carrier dan berekspansi untuk bisa melayani angkutan barang maupun pelayaran luar negeri. 



Head of Special Digital Products Bisnis Indonesia Yusuf Waluyo Jati selaku Moderator (dari kiri), Ketua Umum Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Carmelita Hartoto, Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera atau Krakatau International Port (KIP) M. Akbar Djohan, dan Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni (Persero) Yossianis Marciano mengikuti diskusi saat acara Bisnis Indonesia Logistics Awards 2022 dan Forum Logistik 2022 di Jakarta, Selasa (8/11/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti 


"Kami akan tetap support. Jadi, harus tambah lagi bisa ke luar negeri, peti kemas, ekspor-impor, serta produk curah kering. Ini merupakan opportunity untuk mengembangkan bisnis tidak hanya di passenger, tapi juga commercial," kata Yossi di acara Bisnis Indonesia Logistics Forum & Awards 2022, Selasa (8/11/2022). 

Salah satu langkah konkret upaya ekspansi yang dilakukan Pelni, lanjut Yossi, yakni untuk melakukan investasi pada kapal-kapal barang di tahun depan guna diversifikasi bisnis perseroan. 


Baca juga: Pertamina Shipping Perbesar Angkutan Energi Bersih


Selain itu, Pelni akan menggaet berbagai operator swasta untuk bisa melayani rute komersial hingga rute penugasan yakni program Tol Laut.  

Terkait Tol Laut, Yossi mengatakan bahwa saat ini pengangkutan barang ke daerah tujuan program sudah dilakukan rutin secara direct atau langsung ke tempat tujuan. Ke depan, dia menyebut perseroan ingin menjalankan konsep hub and spoke. 

"Kami kami menjalankan hub and spoke dengan pemerintah. Kami mau mengoptimalkan dari muatan daerah yang bisa diangkut kapal baik milik pemerintah atau operator tol laut," ujarnya.


Baca juga: Anak Usaha KRAS Ungkap Kebutuhan untuk Antisipasi Ancaman Resesi


Seluruh upaya ekspansi dan optimalisasi bisnis yang dilakukan perseroan sejalan dengan target Pelni untuk menjadi national shipping holding company pada 2024. 

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pelni (Persero) Tri Andayani mengatakan bahwa target tersebut sejalan dengan upaya transformasi yang terus dilakukan guna mewujudkan perseroan sebagai national flag carrier.



Head of Special Digital Products Bisnis Indonesia Yusuf Waluyo Jati selaku Moderator (dari kiri) berbincang dengan Ketua Umum Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Carmelita Hartoto, Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera atau Krakatau International Port (KIP) M. Akbar Djohan, dan Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni (Persero) Yossianis Marciano seusai mengikuti diskusi saat acara Bisnis Indonesia Logistics Awards 2022 dan Forum Logistik 2022 di Jakarta, Selasa (8/11/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti 


"Target 2023 kami menargetkan laba Rp233 miliar dan di 2024 menjadi Rp335 miliar. Lalu pada 2024 atau akhir dari RJPP, kita di 2019 itu adalah menginisiasi Pelni menjadi national shipping holding company dan national flag carrier," ujar Tri pada Media Visit ke Bisnis Indonesia, Rabu (12/10/2022). (Dany Saputra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.