Pelopor Keuangan Syariah, BSI Sabet Dua Penghargaan Bergengsi

Catatan positif tahun ini membuat BSI mendapatkan apresiasi. Pertama, kategori CEO Paling Mengesankan. Kedua, kategori The Extraordinary Sharia Banking Company on GCG

Redaksi

15 Des 2023 - 11.03
A-
A+
Pelopor Keuangan Syariah, BSI Sabet Dua Penghargaan Bergengsi

Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia Wahyu Daniel (kiri) menyerahkan penghargaan Most Impressive CEO kepada Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk Hery Gunardi (kanan) di Jakarta, Rabu (13/5/2023).

Bisnis, JAKARTA — Melalui PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI), terobosan di bidang perbankan syariah terakselerasi. Rapor hijau itu berasal dari kepiawaian Direktur Utama Hery Gunardi memimpin bank syariah teratas di Tanah Air hingga mendapatkan prestasi gemilang dari CNBC Indonesia. 

Strategi konsolidasi yang ditempuh pemegang saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah memberikan hasil yakni menaikkan kelas bank syariah di industri perbankan. Sebagai bank umum syariah terbesar di industri, BSI menempati posisi kelima, naik dari posisi ketujuh di Tanah Air. 

Rapor hijau itu tecermin pada kinerja perusahaan hingga September 2023 dengan mengantongi laba bersih Rp4,2 triliun atau tumbuh 31,04% secara tahunan (year-on-year/YoY). Laba tebal perusahaan berasal dari beberapa hal realisasi pembiayaan sebesar Rp232 triliun, terkerek 15,94% YoY. 

Baca juga: BSI Jadi Bank Syariah Pertama Penyedia Layanan RDN ‘Online’

Kemudian, penggalangan dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp262 triliun atau naik 6,91% YoY yang ditopang oleh kenaikan signifikan, 43,89% YoY dari pos tabungan sebesar Rp115 triliun. 

Kinerja ciamik itu mendorong kenaikan aset perusahaan menyentuh Rp320 triliuin atau naik 14,23% YoY. Tak hanya mengumpulkan aset tebal, perusahaan memiliki rasio profitabilitas yang tangguh dengan tingkat pengembalian aset atau return on asset naik ke 2,34% dari 2,08%. 

Tak terbatas pada keunggulan di layanan keuangan domestik, perusahaan mengincar ambisi ke level 10 teratas bank syariah global. Direktur Utama Hery Gunardi percaya melalui inovasi dan transformasi digital, BSI akan mengubah wajah bank syariah melalui solusi finansial menyeluruh.


Direktur Utama BSI Hery Gunardi. Bisnis/Himawan L Nugraha

"Ini sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung seluruh ekosistem ekonomi Islam, menjadikan keuangan Islam lebih relevan untuk kehidupan sehari-hari,” ujar Hery.

Catatan positif tahun ini pun mendapatkan apresiasi yakni dua penghargaan bergengsi dari CNBC Indonesia. Pertama, Hery Gunardi mendapatkan penghargaan untuk kategori CEO paling mengesankan berkat kemampuan perusahaan berinovasi dan berkontribusi di bidang keuangan syariah. 

Baca juga: BSI Dorong Ekosistem Wealth Management Syariah, Raih Penghargaan

Kedua, kategori The Extraordinary Sharia Banking Company on GCG karena perusahaan memiliki bisnis menaikkan skala bisnis ke tingkat global sekaligus pionir penerapan prinsip unggul tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG). 

 “Ke depan, kami akan terus berkomitmen untuk menjadi agen perubahan yang berdaya saing, menghadirkan solusi keuangan syariah yang inovatif, dan meningkatkan inklusivitas sektor keuangan syariah di Tanah Air,” kata Hery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.