Peluang Cuan Ekspor Batu Bara Berpotensi Melayang

Peluang untuk mendapatkan cuan yang lebih besar dari ekspor batu bara berpotensi melayang karena dengan kondisi cuaca dan masih minimnya pengadaan alat berat, akan sangat sulit bagi penambang di Tanah Air untuk memenuhi tingginya permintaan batu bara di pasar global.

Ibeth Nurbaiti

3 Okt 2022 - 10.30
A-
A+
Peluang Cuan Ekspor Batu Bara Berpotensi Melayang

Bisnis, JAKARTA — Meningkat tajamnya permintaan batu bara dari sejumlah negara menjelang musim dingin tahun ini semestinya menjadi momentum bagi Indonesia untuk memperluas sekaligus menggenjot kinerja ekspor komoditas emas hitam itu. 

Terlebih di tengah tensi geopolitik yang masih intens, terjadi peningkatan impor batu bara baik dari pasar tradisional maupun nontradisional pada kuartal IV/2022.

Baca juga: Tatkala Kilau Batu Bara Indonesia Kian Memukau Dunia

Hanya saja, dengan kondisi cuaca dan masih minimnya pengadaan alat berat, akan sangat sulit bagi penambang di Tanah Air untuk memenuhi tingginya permintaan batu bara tersebut. Peluang untuk mendapatkan cuan yang lebih besar dari ekspor batu bara pun berpotensi melayang karena kedua persoalan tersebut ikut mengoreksi ketersediaan pasokan di dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.