Peluang dan Tantangan Telkom (TLKM) di Bisnis Data Center

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. melihat peluang yang menjanjikan di bisnis data center di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan dan berniat untuk memperbesar kapasitas bisnisnya di industri ini. Namun, sejumlah pihak melihat adanya tantangan yang cukup berat di depan Telkom.

Tim Redaksi

23 Okt 2023 - 19.25
A-
A+
Peluang dan Tantangan Telkom (TLKM) di Bisnis Data Center

Ilustrasi data center. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Langkah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. untuk memperkuat posisinya di industri data center berpeluang memperbesar kapasitas dan jangkauan bisnis perseroan di masa mendatang. Meski demikian, pengembangan bisnis ini pun bakal menghadapi tantangan dari regional.

Telkom melihat adanya prospek yang menjanjikan di bisnis data center. Perseroan menilai permintaan layanan data center akan meningkat pada 2030, dengan kehadiran banyak perusahaan baru, bisnis yang serba digital, dan layanan komputerisasi awan (cloud).

Oleh karena itu, perseroan ingin memanfaatkan momentum ini dengan memantapkan posisinya di industri data center melalui PT Telkom Data Ekosistem atau NeutraDC. Perseroan menargetkan dapat memenangkan pasar regional dengan mengembangkan kapasitas data center hingga 400 MW di 2030.

Adapun, saat ini total kapasitas data center Telkom adalah sebesar 69 MW. Berdasarkan data dari berbagai sumber, pesaingnya, yakni DCI Indonesia memiliki total kapasitas 82 MW, EdgeConneX sebesar 90 MW, NTT Global Data Centers 45 MW, dan Princeton Digital Group (PDG) 35 MW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.