Peluang Himbara Lampaui Kinerja Laba Prapandemi

Bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) berhasil mencetak laba bersih secara total Rp72,05 triliun pada 2021 lalu, meroket 78 persen dibanding capaian 2020, tetapi belum setinggi capaian prapandemi. Apakah Himbara bakal mampu melampaui kinerja prapandemi tahun ini?

Emanuel Berkah Caesario

27 Feb 2022 - 16.20
A-
A+
Peluang Himbara Lampaui Kinerja Laba Prapandemi

Ilustrasi: ATM Himbara/tv.bisnis.com

Bisnis, JAKARTA — Kalangan emiten bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara berpotensi untuk kembali melampaui kinerja 2021 pada tahun ini, sekaligus melewati kinerja mereka sebelum pandemi seiring dengan prospek ekonomi yang lebih menjanjikan.

Kendati Indonesia saat ini telah memasuki gelombang baru pandemi Covid-19 akibat merebaknya varian baru Omicron, dampaknya sudah tidak lagi separah seperti sebelumnya. Secara umum, penanganan pandemi kini sudah lebih matang dan ekonomi relatif lebih stabil.

Seiring dengan itu, prospek kinerja keuangan emiten-emiten di tahun ini pun cukup menjanjikan, termasuk bagi kalangan Himbara.

Adapun, Himbara saat ini terdiri atas empat bank, yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.