Peluang IPO 2023 di Tengah Bayang-bayang Resesi Global

Gairah korporasi untuk melantai di Bursa Efek Indonesia melalui penawaran umum perdana saham atau IPO pada 2023 mendatang diperkirakan akan tetap tinggi. Sejarah mencatat gairah IPO relatif terjaga di tengah kondisi krisis. Lagi pula, selama 3 tahun pandemi aksi IPO terbukti tetap tinggi.

Emanuel Berkah Caesario

12 Des 2022 - 16.59
A-
A+
Peluang IPO 2023 di Tengah Bayang-bayang Resesi Global

Ilustrasi IPO. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Peluang penggalangan dana publik melalui penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) pada 2023 diperkirakan bakal tetap kuat, kendati berada dalam bayang-bayang resesi global. Bahkan, nilai IPO tahun depan berpotensi melampaui capaian 2022.

Di tengah bayang-bayang perlambatan ekonomi global pada 2023, kalangan korporasi tentu bakal berhitung kembali dalam menyusun rencana bisnisnya, termasuk korporasi yang berniat untuk segera melantai di pasar modal.

Di satu sisi, kondisi krisis dapat menjadi pendorong bagi korporasi untuk segera mencari tambahan modal yang murah dari pasar modal. Namun, di sisi lain, gairah investasi dari investor kemungkinan bakal menurun sehingga korporasi tidak dapat mencapai potensi optimal dari aksi IPO-nya.

Kondisi ini perlu dipertimbangkan dengan matang oleh korporasi calon emiten, sehingga langkah yang ditempuh benar-benar tepat. Meski begitu, sejarah mencatat bahwa aksi penggalangan dana di bursa saham Indonesia pada masa krisis tetap berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Peluang IPO 2023 di Tengah Bayang-bayang Resesi Global

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.